Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Traffic Light Bermasalah di Parimo Akan Diperbaiki, Ada 13 Lampu yang Rusak

0 11

PALU EKSPRES, PARIMO– Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Parigi Moutong Zulfinahri Ahmad mengatakan, bahwa kerusakan traffic light di simpang jalan depan RSUD Anuntaloko Parigi awalnya hanya terjadi kerusakan pada balon lampu.

“Traffic light yang di simpang rumah sakit itu pada awalnya hanya terjadi kerusakan balon jadi, balonya yang bermasalah,” kata Zulfinahri kepada sejumlah awak media, Rabu, (11/7/2018) di Parigi.

Dia mengatakan, setelah pihaknya memesan lampu dan integrated circuit (IC) yang rusak tersebut, kemudian dilakukan pemasangan lampu yang baru, tetapi di areal traffic light itu  ada galian dan pengecoran yang mengakibatkan kabel tersebut terkelupas sehingga terjadi korsleting.

“Jadi kita tidak tahu dari pihak mana itu yang melakukan penggalian di areal rumah sakit, dia gali mengenai kabel, dan saat itu hujan lebat sehingga terjadi korslet dan lampu itu rusak hingga saat ini,”terangnya.

Ia mengakui, pembiayaan untuk traffic light itu tidak ada sehingga pihaknya saat ini berupaya untuk melakukan penggantian alat-alat di circuit traffic light untuk mempercepat perbaikan.

Menurutnya,traffic light itu nantinya akan dipindahkan karena posisinya saat ini  berada di jalan negara.”Traffic light itu akan dipindahkan atau kita alihkan ke jalan kabupaten, karena itu asset kabupaten nanti pihak balai yang mendistribusi penggantinya, jadi ada dua titik traffic light yang akan dipindah yaitu, traffic light kelurahan kampal dan simpang rumah sakit, itu akan di ganti dengan lampu merah yang baru oleh balai jalan nasional,” jelasnya.

Untuk saat ini pihaknya belum mengetahui terkait pemindahan traffic light milik pemda tersebut, yang pastinya masih menunggu pengganti traffic light yang ada saat ini.

“Menurut balai penggantinya itu akan di anggarkan tahun ini jadi, semua asset-asset daerah yang ada di jalan nasional itu akan di ganti oleh balai jalan nasional.

Ia menambahkan, untuk traffic light yang lainnya ada 13 mata lampu yang bermasalah dan harga mata lampu tersebut menurutnya lumayan mahal karena selain itu, ada juga alat-alat lainya yang rusak.

“Nah bersyukur kita traffic light ini menggunakan tenaga listrik langsung, bukan tenaga solar, karena semua perangkat warning light kita yang menggunakan tenaga solar di ambil oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab jadi. Empat titik traffic light yang bermasalah saat ini, semuanya dalam kota dan tahun ini juga akan di selesaikan,”ungkapnya. Jumlah traffic light di Parigi sendiri hanya ada 4 titik.

(asw/palu ekspres).

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.