Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

ASN Kemenag Diingatkan Untuk Kuasai Regulasi

0 5

PALU EKSPRES, PALU – Para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag), diingatkan untuk dapat menguasai regulasi terkait tugasnya masing-masing. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulteng, Dr. H. Rusman Langke, saat memberikan bimbingan kepada seluruh ASN yang berada di bawah naungan Kantor Kemenag Kota Palu, di Asrama Haji transit Palu, Rabu 11 Juli 2018.

Rusman mengingatkan, perubahan-perubahan regulasi yang berkaitan dengan kepegawaian beberapa waktu belakangan, sebut saja perubahan UU nomor 43 tahun 1999 yang berubah menjadi UU nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, menegaskan bahwa ASN merupakan pelayan masyarakat, bukan dilayani oleh masyarakat.

Dalam prinsip melayani masyarakat tersebut, maka para ASN ditekankan untuk dapat memahami dan menguasai regulasi yang ada, sesuai dengan fungsi dan tugasnya masing-masing.

“ASN harus kuasai regulasi. Saya harapkan kita masing-masing dapat menguasai tugas kita. Kalau ditugaskan di bidang Keuangan harus hafal benar aturan paling tidak UU tentang perbendaharaan negara atau keuangan dan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Anda,” kata Rusman.

Begitu pula bagi para pemegang Jabatan Fungsional Umum (JFU), Jabatan Fungsional Tertentu (JFT), pejabat administrasi, pengawas, serta para tenaga pendidik dan kependidikan di Madrasah.

“Kalau sebagai tenaga pendidik dan kependidikan, paling tidak Anda sudah membaca UU tentang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003. Kalau di Bidang Bimas Islam harus hafal UU nomor 1 tahun 1974, Kompilasi Hukum Islam (KHI) ditambah dengan Fikih Munakahat, begitu juga di bidang lainnya,” tuturnya.

Penguasaan regulasi ini jelas Rusman, karena sebagai pelayan masyarakat ASN dalam setiap langkahnya harus berlandaskan pada regulasi yang ada. Hal ini dilakukan, agar seluruh ASN dapat menjalankan perannya dengan baik, dan membawa keselamatan bagi semua pihak.

“Inilah tugas kita sebagai ASN yang melayani masyarakat. Insyaallah kalau kita sudah mengetahui aturan tentang tugas-tugas kita, kita akan selamat dunia dan akhirat,” pungkasnya.

(abr/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.