Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Masa Pengenalan Sekolah, Ini Penekanan Kadisdikbud Sulteng

0 6

PALU EKSPRES, PALU – Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang diselenggarakan oleh sekolah-sekolah di setiap awal tahun ajaran baru, harus ditekankan pada proses pengenalan sekolah kepada para siswa baru.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng, H. Irwan Lahace menegaskan, pelaksanaan MPLS saat ini sudah harus jauh dari cara-cara lama, yang masih menggunakan perpeloncoan sebagai salah satu metode pembinaan para siswa baru.

“Saya katakan kepada para Kepala Sekolah, jangan sampai ada unsur perpeloncoan, karena itu menurut saya tidak mendidik. MPLS memang seharusnya betul-betul digunakan sebagai pengenalan lingkungan sekolah,” kata Irwan, saat ditemui di salah satu sekolah di Kelurahan Tondo, Rabu 11 Juli 2018.

Irwan menekankan, MPLS harus dapat berfungsi sebagai sarana yang dapat membantu para siswa baru, agar merasa betah di sekolah barunya. Sehingga, para siswa baru tersebut dapat dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan belajar yang baru dan berbeda dari sebelumnya.

Olehnya, kata Irwan, selain memberikan penekanan pada pengenalan lingkungan sekolah, muatan-muatan utama yang perlu diberikan oleh pihak sekolah kepada para siswa baru melalui MPLS, antara lain terkait dengan penanaman karakter, utamanya pada hal-hal yang bernuansa keagamaan.

“Bagaimana mereka memasuki dunia sekolah, ini diibaratkan dengan orang pindah rumah baru yang belum tentu bisa langsung betah. Makanya mesti ada hal-hal yang perlu dilakukan untuk membantu mereka beradaptasi,” tandasnya.

(abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.