Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Bupati Tolitoli Hadiri Rakornas Merdeka Sinyal 2020

0 15

PALU EKSPRES, TOLITOLI– Dengan mengenakan pakaian kebesaran Gaukan (Raja) Tolitoli, Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan, SH,MH menghadiri dan mengikuti pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Indonesia Merdeka Sinyal 2020 yang diselenggarakan oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI).
Kegiatan ini diikuti Pemerintah Provinsi dan Kabupaten yang belum sepenuhnya terjangkau sinyal selular di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Jakarta, Senin (9/7/2018).
Rapat yang akan berlangsung hingga tanggal 11 Juli 2018 itu, bertujuan mengamankan target Indonesia “Merdeka Sinyal 2020”.
Indonesia Merdeka Sinyal 2020, adalah target utama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk memberikan aksesibilitas telekomunikasi di seluruh Indonesia pada tahun 2020, di mana diharapkan pada tahun tersebut seluruh desa pemukiman sudah dapat menikmati layanan seluler dan/ internet.

Komitmen Pemerintah Daerah sangat penting dalam program penyediaan BTS. Hal itu, paralel dengan pemenuhan Peraturan Presiden nomor 131 tahun 2015 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015-2019 dan pengusulan lokasi BTS oleh Pemda.
Untuk itu, Kemenkominfo telah melakukan kajian Pembangunan Jaringan Konektivitas dan Akses Telekomunikasi yang menghasilkan jumlah desa yang belum terjangkau sinyal, termasuk beberapa Desa di Kabupaten Tolitoli.

Bupati Hi. Moh. Saleh Bantilan, SH.,MH mengatakan, desa-desa akan dihubungkan secara bertahap melalui teknologi satelit, serat optik dan microwave serta transisi dan migrasi antarteknologi dengan mempertimbangkan konektivitas jaringan yang tersedia.

Bupati juga menjelaskan bahwa Rapat Koordinasi Nasional yang diikutinya ini bertujuan untuk memperoleh konfirmasi dari Pemerintah Daerah atas penyediaan lahan untuk pembangunan Base Transceiver Station (BTS) di desa yang belum terjangkau sinyal. Pemda diwajibkan untuk menyediakan lahan seluas 20 x 20 Meter Persegi dimana di lokasi tersebut akan diinstalasi BTS equipment, menara, transmisi dan catu daya (power) yang akan dibangun oleh BAKTI bekerjasama dengan penyedia/operator.

(humas pemda tolitoli)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.