Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Makan Durian, Bisa Turunkan Kolesterol Jahat

0 89

PALU EKSPRES, JAKARTA – Kebanyakan orang dianjurkan untuk makan buah-buahan karena baik untuk kesehatan tubuh manusia. Namun ada beberapa buah yang tidak disarankan untuk dimakan banyak. Salah satunya buah Durian.

Namun banyak yang salah kaprah bahwa durian mengandung kolesterol yang tinggi. Benarkah orang harus takut dengan kandungan kolesterol tinggi pada durian?

Changi General Hospital Dietetics and Food Service Department, Teresa Cheong mengatakan bahwa sebenarnya buah durian mengandung lemak jenuh tunggal yang justru dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menyeimbangkan tekanan darah tinggi, seperti dikutip dari situs Health XChange Singapore, medio Juni 2018.

Menurutnya tidak benar jika buah durian memiliki kolesterol. “Kolesterol ditemukan di dalam makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, makanan laut, dan produk susu,” ungkap Teresa Cheong.

Sebenarnya yang perlu dikhawatirkan dari konsumsi buah durian yang berlebihan adalah kalori dalam buah durian tersebut. Durian punya kalori tinggi, per satu kilogram-nya hampir 1.350 kalori. Makan satu durian saja sudah mencukupi 68 persen dari 2.000 kalori harian yang disarankan untuk orang dewasa. Jadi, inilah yang patut diperhatikan banyak orang.

Pada dasarnya, durian adalah buah kaya kandungan gizi seperti kalium, serat, zat besi, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Jadi, sebenarnya tidak masalah mengonsumsi buah durian asal tidak berlebihan.

(vm/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.