Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Keterangan Sehat Caleg di Sulteng Dilayani Lima Rumah Sakit

0 13

PALU EKSPRES, PALU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengeluarkan surat edaran terbaru nomor 633/PL.01.4-SD/06/KPU/VII/2018 tanggal 1 Juli 2018. Prihal surat edaran ini merupakan penjelasan beberapa hal dalam surat edaran KPU sebelumnya nomor 627/PL.01.4-SD/06/KPU/VI/2018 tanggal 30 Juni 2018.
Dalam surat edaran nomor 627 tanggal 30 Juni 2018 sebelumnya, salahsatunya disebutkan tentang syarat bakal calon legislator (Bacaleg) untuk mendapatkan keterangan sehat jasmani dan rohani hanya dari rumah sakit pemerintah yang memenuhi syarat.
Ketua KPU Palu, Marwan P Angku menyebut, dalam edaran terbaru nomor 633 tanggal 1 Juli 2018, pada prinsipnya meralat subtansi tentang satu-satunya RS yang memenuhi syarat di Sulteng untuk keterangan sehat dan jasmani Bacaleg hanyalah RS Undata Palu.
Selanjutnya menetapkan empat RS lainnya untuk rujukan tersebut. Yaitu RSUD Anutakolo Kabupaten Parigi, RSUD Mokopido Kabupaten Tolitoli, RSUD Kabupaten Luwuk dan RSUD Kabupaten Morowali. “Surat edaran KPU RI ini memang hanya selisih satu hari. Dari edaran tanggal 30 Juli ke edaran tanggal 1 Juli 2018,” jelas Marwan, Kamis 5 Juli 2018.
Dalam nomor 4 edaran terbaru juga disebutkan bahwa dalam hal terdapat Bacaleg yang telah atau akan memperoleh keterangan sehat jasmani dan rohani. Serta bebas penyalahgunaan narkotika dari puskesmas atau RS selain dari RS pemerintah yang memenuhi syarat. Sebagaimana dimaksud pada poin 4 edaran nomor 627 tanggal 30 Juni 2018.
Maka surat tersebut dapat digunakan oleh Bacaleg, sepanjang dapat menunjukkan hasil pemeriksaan dan hasil pemeriksaan bebas narkotika.
Menurut dia salahsatu pertimbangan untuk meralat rujukan RS pemerintah yang dianggap memenuhi syarat ini juga sudah dikoordinasikan kembali pada pihak Kementerian Kesehatan RI.
“Mungkin karena pertimbangan, jika hanya untuk mendapat keterangan sehat jasmani dan rohani, pada prinsipnya juga bisa dilakukan rumah sakit lainnya,” hemat Marwan. Sebelumnya diberitakan bahwa satu-satunya RS di wilayah Sulteng yang dianggap memenuhi syarat yang mengeluarkan keterangan sehat dan jasmani dan rohani adalah RS Undata Palu.

(mdi/Palu Ekspres).

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.