Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Peta Perwilayahan Komoditas Perkebunan Tolitoli Diseminarkan

0 20

PALU EKSPRES, TOLITOLI— Wakil Bupati Tolitoli H. Abdul Rahman H. Budding membuka acara seminar akhir kegiatan penyusunan peta perwilayahan komoditas perkebunan dan strategi pengembangan di Kabupaten Tolitoli yang terselenggara melalui kerjasama antara Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tolitoli dengan Universitas Tadulako Palu di salah satu hotel di Tolitoli, Rabu (4/7/2018).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Tolitoli mengatakan Tolitoli memiliki sumber daya alam yang besar terutama pada sektor perkebunan dengan komoditi andalan cengkeh, kelapa, kakao dan pala. Ke empat komoditas andalan ini dianggap sangat membantu mengangkat perekonomian warga dan memberi kontribusi bagi Produk Domestik Regional Brutto (PDRB). Komoditi andalan ini kata Wakil Bupati harusnya dikelola secara optimal dan berkesinambungan guna mendukung pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tolitoli.
Dikatakannya, beberapa tahun terakhir pendapatan petani mulai mengalami penurunan produktivitas beberapa tanaman, keterbatasan faktor penunjang yaitu terbatasnya infrastruktur pendukung pertanian seperti penyediaan pupuk, obat-obatan dan perbaikan jalan desa untuk kepentingan produksi serta pemasaran secara tidak langsung menimbulkan efek negatif bagi pendapatan petani.
“Untuk itu peningkatan perekonomian petani akan menjadi prioritas pembangunan pertanian mendatang, sejalan dengan visi Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tolitoli yaitu terwujudnya Tolitoli yang sejahtera, berkarakter aktif, adil dan religius, di mana makna Sejahtera adalah perekonomian petani semakin meningkat,” ujarnya.
Sementara itu, Asnawi, SP selaku Ketua Panitia dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menilai dan memetakan kelas kesesuaian lahan untuk pengembangan tanaman perkebunan khususnya jenis komoditas cengkeh, kelapa, kakao dan pala, mengkaji potensi dan kendala dari masing-masing lahan untuk berbagai penggunaan lahan serta mengkaji kondisi sosial ekonomi budaya masyarakat sekitar lokasi studi untuk tahun ini difokuskan pada tiga wilayah Kecamatan yaitu Kecamatan Dondo, Dampal Utara dan Dampal Selatan.
Hadir dalam acara tersebut Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Ir. Moh. Nur Munawar, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tolitoli Ir.Hardiyan, Tim Ahli Universitas Tadulako Palu yang dipimpin oleh Dr. Yulianti Kalaba,SP.,MP. Camat Dondo Adri Manggona, SH dan para peserta seminar.

(Humas Pemkab Tolitoli)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.