Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Tanggal Penyaringan Bakal Calon Rektor Untad Belum Pasti

0 146

PALU EKSPRES, PALU – Waktu pelaksanaan proses penyaringan bakal calon Rektor Universitas Tadulako (Untad) periode 2019-2023, hingga saat ini masih belum dipastikan. Hal ini disebutkan Rektor Untad, Prof. Dr. H. Muh. Basir Cyio karena masih menunggu informasi resmi dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Diperkirakan, proses penyaringan sekaligus penyampaian visi misi para kandidat tersebut, akan digelar pada bulan Juli 2018.

“Kita ada informasi, mudah-mudahan di pertengahan bulan Juli ini  sudah ada wakil dari Kementerian datang,” kata Rektor, di Untad, Senin 2 Juli 2018.

Proses penyaringan dan penyampaian visi misi para bakal calon Rektor Untad, pada pemilihan kali ini memang akan melibatkan perwakilan dari Kemenristekdikti sebagai pemantau, dan belum memiliki hak suara. Proses penyaringan yang nantinya akan menghasilkan tiga calon Rektor, masih sepenuhnya dipilih oleh Senat Universitas.

Pihak Kementerian baru memiliki hak suara pada proses pemilihan Rektor nantinya, yang dijadwalkan akan berlangsung pada bulan September 2018.

“Kalau dulu untuk mencapai tiga besar tidak melibatkan perwakilan Kementerian, nah kalau sekarang ada, makanya kita tergantung sama mereka ini,” ujar Rektor.

Sebelumnya diberitakan, proses penyaringan bakal calon Rektor Untad yang seharusnya dilaksanakan pada 23 Mei 2018 lalu terpaksa ditunda. Hal ini dikatakan Ketua Senat Untad, Prof. Hasan Basri atas permintaan dari pihak Biro SDM Kemenristekdikti.

“Mereka meminta supaya jangan dulu diadakan penyaringan, sampai ada penyampaian resmi dari sana,” jelas Prof. Hasan beberapa waktu lalu.

Pada Pilrek Untad tahun ini, empat orang bersaing menjadi bakal calon Rektor periode 2019-2023, masing-masing Prof. Dr. H. Mahfudz, Prof. Dr. H. Djayani Nurdin, Prof. Zainuddin Basri, Ph.D. dan Dr. Muh. Nur Ali.

Pada proses penyaringan nantinya, akan dipilih tiga orang calon tetap Rektor. Untuk selanjutnya akan dipilih menjadi Rektor pada bulan September 2018 mendatang. Periode kepemimpinan Rektor saat ini, Prof. Dr. H. Muh. Basir Cyio akan berakhir pada Maret 2019 mendatang.

(abr/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.