Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Pilkada Serentak 2018: Jateng dan Bali Mudah Diprediksi, Jabar Mirip Jatim

0 8

PALU EKSPRES, JAKARTA – Direktur Eksekutif Saiful Munjani Research and Consulting (SMRC) Djayadi Hanan menuturkan di pilkada Jabar posisinya hampir sama seperti dengan pilgub Jatim. Lantaran belum ada calon yang benar-benar dominan atau punya elektabilitas lebih dari 50 persen.

”Pertarunganya sesuai hasil survei masih didominasi Ridwan Kamil – Uu dan Deddy – Dedi ini yang bertarung dan selisih keduanya 8 sampai 10 persen. Sementara Ridwan Kamil masih unggul,” ujar Djayadi.

Selain itu masih ada sekitar 20 persen peserta survei yang belum menentukan pilihan. Kemungkinan mereka baru akan memutuskan pada saat berada di bilik suara. ”Masih sangat kompetitif,” kata dia.

Sedangkan pilkada Jateng dan Bali cenderung lebih mudah diprediksi. Lantaran kekuatan besar atau menjadi daerah basis PDI Perjuangan yang mengusung calon. Seperti di Jateng ada Ganjar Pranowo dan di Bali ada Wayan Koster.

BACA JUGA: Hasil Survei SMRC Pilgub Jatim: Selisihnya Lumayan nih

”Tingkat kepuasan masyarakat terhadap Ganjar tinggi sekitar 70 persen. dan dari Survei SMRC proporsi masyarakat yang menginginkan dia menjadi gubernur lagi cukup tinggi sampai 70 persen,” ujar dia.

Sementara di Bali, Wayan Koster diunggulkan elektabiltasnya sekitar 50 persen. Meskipun Wayan Koster belum aman tapi posisinya cukup unggul.

(jun)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.