Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

135.293 Surat Suara di Parimo Dimusnahkan

0 43

PALU EKSPRES, PARIGI – Setelah melakukan pendistribusian surat suara di setiap kecamatan se Kabupaten Parimo, KPU Parimo melakukan pemusnahan surat suara yang dianggap tidak memenuhi syarat setelah penyortiran yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Hal itu diungkapkan Katua KPU Parimo, Amelia Idris yang ditemui sejumlah wartawan di sela-sela pemusnahan surat suara, di halaman kantor KPU Parimo, Selasa (26/6).

Dia mengatakan, seperti sebelumnya pemusnahan surat suara yang tidak memenuhi syarat tersebut, masih dilakukan dengan cara membakar.

Rinciannya yakni, hasil sortir yang ditemukan ada salah satu Paslon pada surat suara tersebut, tidak sesuai spesimen dengan jumlah sebanyak 125.826 lembar.

Kemudian lanjut  dia, ada juga kategori rusak dengan jumlah 8644 lembar, dan ada juga surat suara kelebihan ditemukan saat sortir serta pengepakan pada sampul sebanyak 823 lembar.

“Semua kami musnahkan hari ini, jumlah totalnya adalah sebanyak 135.293 lembar,” ujar Amelia.

Dijelaskanya, surat suara yang telah didistribusikan pihaknya jumlahnya sesuai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 305.472 wajib pilih, dan ditambah dengan jumlah cadangan 2,5 persen.

Dalam pemusnahan surat suara tersebut, pihak KPU Parimo mengundang Sekda Parimo, Ardi Kadir, Kapolres Parimo, Sirajuddin Ramly, serta LO dari masing-masing Paslon pilkada Parimo.

(asw/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.