Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Ada Lowongan Guru dan Pembina Asrama di MAN IC Nih

0 39

PALU EKSPRES, PALU – Kementerian Agama (Kemenag) membuka lowongan penerimaan guru dan tenaga kependidikan (pembina asrama), untuk ditempatkan di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) yang ada di 22 daerah di seluruh Indonesia. Total kuota yang disediakan oleh Kemenag sebanyak 155 orang.

Dari total tersebut, jumlah kuota untuk guru dan pembina asrama di MAN IC Kota Palu sebanyak 14 orang, terbanyak kedua setelah MAN IC Aceh Timur sebanyak 15 orang. Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulteng, Irfan Abd. Gafar menyebutkan, jumlah kuota tersebut disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing MAN IC.

“Di Kota Palu diberikan kuota sebanyak 14 orang. Ini disesuaikan dengan kebutuhan MAN IC kita,” kata Irfan, di ruang kerjanya, Senin 25 Juni 2018. Ia menguraikan, kebutuhan MAN IC Kota Palu meliputi masing-masing satu orang guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Ekonomi, Sejarah, Bimbingan dan Konseling, serta Pembina Asrama Putri.

“Selain itu dua orang untuk guru mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, serta dua orang Pembina Asrama Putra,” imbuhnya.

Pada Pengumuman Penerimaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan MAN IC bernomor 448/Dt.I.II/3/KP.02.3/6/2018, yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, disebutkan beberapa persyaratan khusus untuk calon guru yang akan diseleksi. Di antaranya memiliki latar belakang pendidikan yang linier dengan mata pelajaran yang diampu, diutamakan memiliki sertifikat pendidik.

Sedangkan persyaratan khusus untuk calon pembina asrama, di antaranya alumni pondok pesantren dan atau guru Pendidikan Agama Islam (PAI) atau Bahasa Arab, berkualifikasi akademik minimal S1 atau Ma’had Aly yang memiliki pengalaman mengajar di madrasah atau ponpes, diutamakan memiliki hafalan Alquran, memiliki kemampuan membaca dan memahami kitab kuning.

Proses pendaftaran calon guru dan pembina asrama MAN IC dibuka secara online melalui website resmi Kemenag, mulai tanggal 28 Juni 2018 hingga 3 Juli 2018. Setelahnya dilakukan seleksi administratif pada 4-6 Juli 2018, pengumuman seleksi administratif 10 Juli 2018, seleksi akademik wawancara dan microteaching 17 Juli 2018, dan pengumuman hasil seleksi pada 25 Juli 2018. “Saat ini kita sementara sosialisasikan ke daerah-daerah, baik melalui surat maupun berbagai media sosial, karena pendaftaran ini terbuka secara nasional,” tandas Irfan.

(abr/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.