Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Menang 3-0, Kolombia Depak Polandia dari Piala Dunia 2018

0 12

PALU EKSPRES, JAKARTA – Setelah menelan kekalahan dari Jepang pada laga perdana, Kolombia langsung mengamuk. Tak tanggung-tanggung, dalam laga melawan Polandia pada matchday kedua Grup H Piala Dunia 2018, Kolombia menang tiga gol tanpa balas di Kazan Arena, Senin (25/6) dini hari WIB.

Ketiga gol Kolombia dilesakkan pemain berbeda. Selepas gol Yerry Mina pada babak pertama, Kolombia menggelontorkan dua gol tambahan melalui kapten tim, Radamel Falcao, dan Juan Cuadrado.

Kemenangan 3-0 membuat asa Kolombia lolos ke babak 16 besar masih terbuka. Sementara, Polandia dipastikan terdepak dari Piala Dunia 2018.

Di laga ini, Kolombia memang melakukan beberapa revisi strategi demi membidik kemenangan perdana. Perubahan paling menonjol adalah kembalinya pemain bernomor 10, James Rodriguez, ke jajaran starter. Saat kalah dari Jepang, James masuk sebagai pengganti, sedangkan Jose Izquierdo yang dipasang sebagai starter.

Sementara itu, Yerry Mina saat Kolombia kalah 1-2 dari Jepang tidak dimainkan sebagai starter, kali ini menjadi andalan utama di lini belakang. Dia menggantikan posisi Oscar Murillo untuk berduet dengan Davinson Sanchez.

Dua perubahan yang dilakukan pelatih Jose Pekerman terbukti ampuh. Setelah beberapa kali coba menembus pertahanan Polandia sepanjang babak pertama, kebuntuan akhirnya pecah lima menit jelang babak pertama berakhir.

Bola umpan kaki kiri James yang sempat memantul bek Polandia, langsung disambar Mina dengan sundulan. Kiper Polandia, Wojciech Szczesny, tak mampu menghalangi bola masuk ke gawangnya. Gol itu lahir dari shot on target pertama Kolombia di laga ini.

Selepas unggul 1-0 pada babak pertama, Kolombia semakin di atas angin. Pada paruh kedua, mereka mampu memanfaatkan permainan terbuka Polandia.

Memang, demi menghindari kekalahan, mau tidak mau Polandia wajib tampil lebih menyerang. Akibatnya, lini belakang pasukan asuhan Adam Nawalka itu justru merapuh.

Kolombia memanfaatkannya dengan mencetak gol kedua pada menit ke-70. Umpan terobosan Juan Quintero disambut Falcao dengan sepakan kaki kanan yang mengoyak gawang Szczesny. Falcao mencatat rekor sebagai pemain pertama Kolombia yang menembus 30 gol.

Hanya berselang lima menit, Kolombia menambah keunggulan melalui Cuadrado. Gol ketiga lahir dari skema serangan balik juga. Kali ini, James kembali menjadi kreator usai assist-nya disambut Cuadrado menjadi gol.

Keunggulan tiga gol membuat Polandia mulai kehilangan motivasi. Sebaliknya, Kolombia justru semakin di atas angin. Namun, sampai wasit Cesar Ramos asal Meksiko meniup peluit akhir pertandingan, Kolombia tak mampu menambah keunggulan 3-0 atas Polandia.

Dengan kemenangan ini, asa Kolombia untuk melaju ke fase gugur kembali terbuka. Mereka kini bertengger di urutan ketiga klasemen sementara Grup H dengan 3 poin dari dua laga. Poin Kolombia terpaut satu dari Jepang dan Senegal yang berada di atasnya.

Nasib Kolombia akan ditentukan pada laga pamungkas melawan Senegal. Sementara pada saat bersamaan, Jepang akan bertemu satu-satunya tim yang sudah pasti tersisih dari Grup H, Polandia.

(ira/JPC)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.