Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Meski Berawan, Hilal Terlihat di Marana

0 10

[tps_header][/tps_header]PALU EKSPRES, PALU – Hilal (bulan baru) penanda 1 Syawal 1439 H/2018 M dilaporkan terlihat di Desa Marana Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala. Hilal tersebut terlihat saat dilakukan observasi hilal oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng bersama BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Palu, di Menara hilal BMKG Palu, Desa Marana, Kamis 14 Juni 2018.

Hilal tersebut dilaporkan terlihat oleh Kepala Seksi Observasi BMKG Palu, Bambang Haryono bersama tim dari BMKG. Berdasarkan pantauannya, dalam kondisi langit cerah berawan, hilal mulai terlihat berada di ketinggian 3 derajat 53 menit di atas ufuk, pada pukul 18.17 WITA, dan terakhir terlihat pada pukul 18.30 WITA dengan ketinggian 0 derajat 41 menit. Jarak antara matahari dengan hilal sekitar 2 derajat.

Usai melihat hilal, Bambang lalu diambil sumpah melalui sidang isbat yang dipimpin oleh hakim dari Pengadilan Agama setempat, disaksikan langsung Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, Dr. H. Rusman Langke bersama perwakilan MUI, Pemprov dan beberapa pihak terkait lainnya.

“Alhamdulillah, meski berawan tetapi hilal dilaporkan terlihat. Menurut laporan yang saya dengar, ini pertama kalinya hilal terlihat pada pengamatan di sini,” kata Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, Dr. H. Rusman Langke.

Ia menekankan, dengan terlihatnya hilal tersebut hampir pasti 1 Syawal atau Idulfitri 1439 H bertepatan pada J[tps_header][/tps_header]umat 15 Juni 2018.

“Hasil ini kita laporkan ke Kemenag pusat, dan kita menunggu kepastian resminya melalui sidang isbat oleh Kemenag pusat,” tandas Rusman.

(abr/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.