Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Pengumuman SMP Dikemas dalam Kegiatan Keagamaan

0 7

PALU EKSPRES, PALU – Pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang SMP se-Kota Palu yang digelar pada Senin 28 Mei 2018, sebagian besar oleh pihak sekolah dikemas dalam bentuk kegiatan keagamaan.

Pantauan Palu Ekspres, di antaranya SMPN 22 Palu yang menggelar zikir dan doa bersama jelang pengumuman yang dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Selain itu, di SMPN 14 Palu pengumuman kelulusan yang turut dihadiri para orang tua peserta didik, juga didahului dengan kegiatan zikir bersama. Begitu pula di SMPN 1 Palu, pengumuman kelulusan juga diawali dengan doa bersama dan diakhiri dengan buka puasa bersama.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu, H. Ansyar Sutiadi menyampaikan apresiasinya, atas kemasan kegiatan bernuansa religi tersebut. Apalagi, saat ini bertepatan dengan bulan Ramadan.

“Kita melihat pengumuman di sekolah-sekolah, Alhamdulillah sebagian besar dikemas dengan cara berzikir, doa bersama atau dalam bentuk kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya,” kata Ansyar, di sela-sela peninjauan pengumuman hasil UN dan USBN di SMPN 1 Palu, Senin 28 Mei 2018.

Menurutnya, kemasan kegiatan seperti itu dapat menjadi cara efektif dalam mencegah perilaku negatif para peserta didik, yang berpotensi terjadi ketika merayakan kelulusan. Misalnya dengan melakukan corat coret baju atau konvoi kendaraan. Hal ini menurutnya, turut berperan dalam pembentukan karakter para peserta didik.

‘Saya berterima kasih kepada para sahabat saya Kepala Sekolah, yang mendorong peserta didiknya untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat, yang tidak berguna seperti coret-coret baju dan konvoi kendaraan. Ini bisa kita katakan dapat mendukung pembentukan karakter, bagi para peserta didik,” pungkasnya.

(abr/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.