Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Ishak: Dewan Perlu Buka Ruang Diskusi

0 118

PALU EKSPRES, PALU – Ketua DPRD Palu Ishak Cae menyatakan dirinya akan mengedepankan pola diskusi dalam meloloskan rekomendasi dewan kepada Wali Kota Palu. Itu karena rekomendasi dewan sebelumnya banyak yang tidak diindahkan.

Khususnya rekomendasi-rekomendasi dewan yang terbit sewaktu ketua dijabat Iqbal Andi Magga. “Coba cek saja, apakah ada rekomendasi DPRD Palu yang direspons wali kota sewaktu Iqbal ketua dewan? Saya kira tidak ada itu,”kata Ishak,” Rabu 23 Mei 2018 di ruang kerjanya.

Karena pengalaman itulah kemudian kata Ishak, mengapa ruang diskusi perlu dilakukan. Sebab pada prinsipnya, rekomendasi dewan memang tidak bersifat wajib. Boleh ditindaklanjuti, boleh juga tidak. Semua terserah kebijakan wali kota.

“Itukan terserah wali kota.Itulah maksud saya, bahwa kita buka ruang diskusi. Karena kalau tidak dilaksanakan, kita mau apa. Itu hak Pemkot. Tinggal kita dewan yang menyikapinya nanti,”jelas Ishak.

Akan tetapi, dengan adanya ruang diskusi, paling tidak menurut dia, diharapkan nantinya wali kota akan membuka diri untuk melaksanakan rekomendasi dewan. “Diskusi itu inisiatif saya. Sebagai unsur pimpinan tentu saya harus lakukan komunikasi. Karena saya harus pertanggung jawabkan. Dan tak ada pelanggaran tata tertib disitu,”pungkasnya.

Sebelumnya pernyataan Ishak Cae, diprotes anggotanya, yang juga mantan Ketua DPRD, Iqbal Andi Magga, Selasa 22 Mei 2018. Menurut Iqbal, jika polanya demikian, Ketua DPRD sama saja dengan status Humas Pemkot Palu.

Bahkan dalam sebuah percakapan grup watsapp, Rabu 23 Mei 2018, Iqbal menuding Ishak Cae hanya berupaya mengalihkan.

“Itu pengalihan. Silahkan cek yang mana rekomendasi LPj zaman saya ketua kepada walikota Cudi dan Hidayat Lamakareate tidak dilaksanakan? Apa perlu ditanya satu satu itu anggota soal catatan aspirasi mereka yang saya perjuangkan ke walikota?. Silahkan cek ke masing masing anggota dan bandingkan dengan situasi kepemimpinannya sebagai ketua saat ini,”tulis Iqbal.

(mdi/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.