Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Soal Laporan Temuan DPT Ganda, Ini Langkah KPU Parimo

0 11

PALU EKSPRES, PARIGI – Menanggapi dugaan adanya Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda yang dilaporkan Tim Pemenangan calon Bupati Amrulah Almahdali – Yufni Bungkundapu (AMIN), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong segera mengambil langkah untuk mengkroscek kebenaran laporan tersebut.

Ketua KPU Parimo, Amelia Idris kepada Palu Ekspres Rabu malam (23/5) mengatakan, pihaknya menurunkan tim ke lapangan dengan melibatkan PPK untuk mengkroscek kebenaran dugaan DPT ganda tersebut.

“Intinya kami mengapresiasi laporan dari masyarakat, termasuk dari tim pemenangan paslon. Kita akan mencermati kembali data pemilih yang ada. Apakah benar dengan apa yang sudah disampaikan ke kita,” kata Amelia.

Menurutnya, untuk penetapan DPT sudah selesai. Tidak ada lagi waktu untuk itu. Makanya kata Amelia, pihaknya akan mencermati jumlah dan wilayah yang disebut terdapat DPT ganda tersebut.

“Kita akan melihat dulu, berapa yang ganda, di mana saja. Dan nantinya jika ditemukan seperti itu, pemilih akan dipastikan menggunakan hak pilihnya hanya satu kali. Misalnya, soal pemberian atau penggunaan formulir C6-nya, pemberitahuan untuk datang ke TPS. Nanti harus dipastikan hanya satu orang yang menerima C6. Begitu cara antisipasinya. Tapi kita harus pastikan benar tidaknya informasi itu,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya kata Amelia, akan berkoordinasi secara hirarki dengan KPU Provinsi dan pusat. Sembari memastikan informasi tersebut hingga hari Sabtu pekan ini berdasarkan laporan PPK.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.