Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Satgas Lolu Selatan Awasi Pedagang Kelapa

0 12

PALU EKSPRES, PALU – Setiap Ramadan tiba pasti diikuti dengan hadirnya penjual kelapa musiman. Mereka menempati ruas ruas jalan strategis yang banyak dilalui pengendara. Pemandangan itu juga langsung terlihat di sejumlah ruas jalan di Kota Palu. Sebut saja di Jalan M Yamin, Kartini dan Tanjung Dako.

Sayangnya keberadaan pedagang kelapa musiman ini kerap menyisakan permasalahan sampah. Banyak pedagang tidak ambil peduli dengan sampah yang mereka hasilkan. Kadang cuma membuang ke dalam drainase.

Menyadari hal itu, Satuan Tugas kebersihan, keindahan, ketertiban, keamanan dan kenyamanan (Satgas K5) Kelurahan Lolu Selatan Kota Palu merasa penting untuk mengimbau para pedagang kelapa musiman ini.

Kamis sore 17 Mei atau di hari pertama Ramadan, kemarin, Satgas dipimpin langsung Lurah Lolu Selatan memfokuskan kegiatan rutinnya untuk mengunjungi pedagang kelapa musiman itu.

Mereka mengunjungi pedagang di ruas Jalan M Yamin, Kartini dan Tanjung Dako. Tujuannya kata Lurah Lolu Selatan, Rosana Hardiyanti, untuk mengingatkan pedagang agar tidak meninggalkan sampah sisa kulit kelapa di tempat jualannya.

Sekaligus juga menyosialisasikan kepada warga dan pedagang tentang jadwal waktu pembuangan sampah di TPS. Menurut Rosana, setiap kali melakukan pengawasan, pihaknya juga melibatkan lembaga adat setempat. Ini juga dilakukan untuk sosialisasi tentang rencana penerapan sanksi adat bagi masyarakat yang buang sampah sembarangan.

(mdi/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.