Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Bupati Sigi: Guru Adalah Cerminan Perilaku Siswa

0 19

PALU EKSPRES, SIGI – Bupati Sigi, Mohamad Irwan Lapatta SSos MSi mengimbau kepada para guru untuk tetap menjaga atau memberikan contoh perilaku yang baik terhadap siswanya.

“Sebab, guru itu sejatinya adalah cerminan perilaku siswa. Kalau perilaku kita (guru, red) buruk, maka tidak menutup kemungkinan akan berdampak pada perilaku siswa itu sendiri,” kata Iwan sapaan Bupati Sigi, usai melantik para Kepala Sekolah (Kepsek) TK hingga SMP se Kabupaten Sigi, di Gedung Ampera Biromaru, belum lama ini.

Perilaku yang dimaksudkan misalnya, lanjut dia katakan, bagi guru yang pria, jagan sekali-kali memperlihatkan dada. “Kancing baju di bagian dananya dibuka. Ini contoh buruk terkait dengan kerapian dalam berpakaian, dan tidak secara langsung kita sudah mempertontonkan kepada para siswa,” jelasnya.

Selain itu, lebih jauh dikatakannya, juga berkaitan dengan contoh perilaku lainnya.

“Seperti merokok. Para guru diharapkan untuk tidak lagi merokok di halaman sekolah. Ya, minimal jarak kurang lebih 100 meter dari sekolah baru kita merokok.

Sebab, jika kita memperlihatkan kepada para siswa kalau kita merokok di halaman dan ruang kelas sekolah, bagaimana siswa itu menjadikan kita sebagai panutan atau tauladan. Hal-hal seperti ini yang harus kita hilangkan,” tuturnya.

Tak hanya itu, dia berharap, agar para guru juga harus menjaga profesinya sebagai tenaga pengajar yang tidak harus untuk ikut campur dibidang politik.

“Saya ingatkan kepada para guru agar tidak iktu berpolitik. Apalagi tidak lama lagi sudah pemilihan legislatif (pileg),” pungkasnya.

(mg2/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.