Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Hilal Belum Terlihat di Marana, 1 Ramadan Hari Kamis

0 16

PALU EKSPRES, PALU – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng melaksanakan pantauan (observasi) hilal (bulan baru), di Desa Marana Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, Selasa 15 Mei 2018.

Dari pantauan Tim Kemenag Sulteng bersama BMKG Palu tersebut, hilal yang menandai awal bulan Ramadan 1439 H tidak terlihat, karena posisi bulan masih di bawah ufuk.

“Setelah dilakukan pengamatan, ternyata hilal belum tampak saat terbenam matahari tadi,” kata Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, Dr. H. Rusman Langke.

Meski begitu, Rusman menegaskan pihaknya akan menyesuaikan penetapan awal Ramadan dengan pengumuman oleh Menteri Agama RI, pada siding Isbat yang digelar pada Selasa 15 Mei 2018 malam.

Berdasarkan hasil pengamatan tersebut, sebagaimana yang menjadi pedoman dalam Islam, maka bulan Sya’ban 1439 H digenapkan menjadi 30 hari, dan Ramadan akan dimulai pada Kamis 17 Mei 2018.

Sebelumnya, salah satu ormas Islam, yakni Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadan bertepatan dengan 17 Mei 2018.

“Insyaallah 1 Ramadan tahun ini bersamaan,” tandas Rusman.

Turut hadir pada pengamatan hilal di Desa Marana, perwakilan dan pimpinan dari beberapa instansi, di antaranya BMKG Palu, Pengadilan Tinggi Agama Sulteng, Pemerintah Provinsi Sulteng, dan beberapa Ormas Islam di Sulteng.

(abr/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.