Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Survei LSI: #2019GantiPresiden Berhasil Menggerus Dukungan Jokowi

0 62

PALUEKSPRES, JAKARTA — Jelas ada peluang Jokowi untuk terpilih kembali menjadi Presiden RI 2019. Tetapi, tidak berarti Jokowi tak bisa dikalahkan. Jokowi kuat karena sebagai petahana. Ia menjadi berita setiap hari. Sementara para kompetitornya masih tiarap.

Di sisi lain, Jokowi semakin goyah karena attacking campaign, yaitu gerakan #2019GantiPresiden dilakukan secara massif dan terstruktur.

Demikian kesimpulan survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang dirilis di Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (14/5).

Hasil survei LSI Denny JA menunjukkan tiga isu potensial menggerus dukungan Jokowi, yakni tenaga kerja asing, kondisi ekonomi, dan Islam politik.

Peluang Jokowi untuk menang di Pilpres 2019 pun hanya 50:50. Jokowi bisa kalah jika kelompok oposisi bersatu seperti bersatunya Anwar Ibrahim dan Mahathir Muhammad di pemilu Malaysia.

“SBY, Prabowo, Amien Rais, dan Gatot Nurmantyo perlu bersatu jika ingin kalahkan Jokowi. Jika tidak, kisah sukses koalisi oposisi (Mahathir) di Malaysia sulit tercapai,” ucap peneliti LSI, Adjie Alfaraby.

Menurut Adjie, elektabilitas Jokowi terus turun. Banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya gerakan #2019GantiPresiden yang sangat massif.

Meski elektabilitas Jokowi masih tertinggi jika dibandingkan dengan tokoh lain, namun elektabilitasnya sudah di bawah 50 persen.

Angka itu hanya terpaut tipis dari gabungan elektabilitas semua kandidat lain. Itu artinya kekuatan mantan Gubernur DKI Jakarta ini bisa goyah saat Pilpres 2019.

“Jika pilpres digelar hari ini, Jokowi mendapat suara 46 persen dan gabungan tokoh lain 44,7 persen. Sementara swing voter sebanyak 9,3 persen,” ujarnya. (one/pjk/jpg/fjr)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.