Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Raih Juara Umum MTQ Tingkat Sulteng, LPTQ Parimo sampai Tidak Tidur

0 26

PALU EKSPRES, BUNGKU – Kafilah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) menorehkan sejarah baru pada pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke- 27 tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Morowali tahun 2018 yang ditutup secara resmi oleh Gubernur Sulteng Longki Djanggola, Sabtu (5/5), di Bungku, Kabupaten Morowali.

Kafilah Kabupaten Parimo untuk pertama kalinya berhasil mempertahankan juara umum MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Tengah. Sebelumnya, MTQ ke-26 di Kabupaten Parimo tahun 2016, Kafilah Parimo menjadi juara umum. Piala bergilir MTQ diserahkan langsung oleh Gubernur Sulteng Kepada Bupati Parimo yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Samin Latandu, bertempat di Alun-alun Rumah Jabatan Bupati Morowali.

Kafilah Parigi Moutong dipastikan keluar sebagai juara umum setelah memperoleh nilai total 57 di atas Kabupaten Donggala yang menempati peringkat ke 2 dengan poin maksimal 53 dan Kabupaten Morowali diperingkat ke 3 dengan poin maksimal 48.

Keberhasilan Kafilah Kabupaten Parigi Moutong menjadi juara umum setelah menempatkan 5 wakilnya di urutan pertama yakni, pada cabang tilawah golongan remaja Qoriah atas nama Hikmah, golongan murattilah remaja atas nama Iin Zulfaizah, golongan Qiraat Mujawwad Qoriah atas nama Fajriah, Cabang Kaligrafi golongan naskah atas nama Nurindah Sari dan golongan kontemporer atas nama Algaus.

Sedangkan 10 perwakilan Parimo menempati peringkat ke- 2 yaitu, pada cabang tilawah golongan anak-anak, golongan dewasa, golongan cacat netra, Cabang Hifzil Quran golongan 1 juz, golongan 10 juz, golongan 20 juz, cabang tafsir golongan Bahasa Indonesia, cabang kaligrafi golongan dekorasi dan kontemporer. Selain itu, peringkat 3 berjumlah 4 orang yaitu, di cabang tilawah golongan cacat netra, cabang kaligrafi golongan naskah, cabang MSQ regu putra dan MFQ regu putri.

Ketua rombongan Kafilah Parigi Moutong Samin Latandu mengatakan, untuk pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Parigi Moutong, Pemerintah Daerah melalui OPD terkait dapat merangkul pondok pesantren yang ada di Kabupaten Parigi Moutong agar dapat mengisi kekosongan peserta, khususnya cabang hifzil Quran dan cabang tafsir Quran.

Lanjut Samin, untuk lebih memaksimalkan penampilan peserta, Samin mengimbau kepada OPD terkait kerjasama dengan LPTQ Kabupaten Parigi Moutong untuk menambah frekuensi latihan.

Samin menambahkan, keberhasilan kafilah Kabupaten Parigi Moutong tidak lepas dari kerja keras para peserta yang berusaha tampil maksimal, Oficial serta pendamping yang terus mengawal serta memberikan semangat kepada para peserta.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kabupaten Parigi Moutong Sudirman Tjora mengaku bangga terhadap putra putri asli daerah Kabupaten Parigi Moutong yang tampil dengan maksimal, mengingat kafilah Parigi Moutong datang mengikuti MTQ ke- 27 tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tidak datang dengan kekuatan penuh. Seperti diketahui, Kafilah Kabupaten Parigi Moutong tidak menurunkan pesertanya pada Cabang Hifzil Quran golongan 5 Juz, 30 juz, cabang Tafsir golongan Bahasa Arab dan bahasa inggris.

“Parigi Moutong dikenal gudangnya tilawah, akan tetapi kita belum mempunyai kader-kader di cabang Hifzil Quran dan Tafsir Quran. Olehnya, kedepan kita harus lebih bekerja keras untuk menutupi kekurangan peserta tersebut agar pada pelaksanaan MTQ ke 28 tingkat Provinsi Sulawesi Tengah kekurangan tersebut dapat dipenuhi ” ujar Sudirman.

Sudirman menambahkan, piala bergilir MTQ dapat menetap di Kabupaten Parigi Moutong jika dapat menjadi juara umum tiga kali berturut-turut. “Kedepan, pekerjaan kita cukup berat. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk kembali mempertahankan juara umum agar piala bergilir MTQ dapat menetap di Kabupaten Parigi Moutong” ungkapnya.

Sudirman menegaskan, kembalinya piala bergilir di Kabupaten Parigi Moutong sebagai bukti bahwa LPTQ Kabupaten Parigi Moutong tidak tidur. Selain itu, lanjut Sudirman, keseriusan putra putri Parigi Moutong mengikuti ajang MTQ ke 27 tingkat Provinsi Sulawesi Tengah memudahkan Kabupaten Parigi Moutong mempertahankan Piala MTQ.

Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran ke- 27 tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Morowali resmi ditutup Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Longki Djanggola M.Si yang ditandai dengan pemukulan bedug dan penekanan tombol sirene.

Sesuai hasil rapat konsultasi daerah LPTQ Provinsi Sulawesi Tengah, selanjutnya palaksanaan MTQ ke- 28 Tingkat Propinsi Sulawesi Tengah akan dilaksanakan di Kabupaten Banggai Kepulauan.

(humas pemda parimo)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.