Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Ini Nilai Gizi dan Benefit yang Ditawarkan Konsumsi Telur Ayam

0 11

PALU EKSPRES, JAKARTA – Tahukah anda kalau telur memiliki banyak kualitas baik yang membuatnya baik untuk menunjang hidup sehat yang anda jalani? Tidak hanya kaya akan mineral, telur juga berisikan banyak vitamin yang diperlukan oleh tubuh kita, bahkan bagi yang mengkonsumsinya dapat terhindar dari stroke lho.

Karena banyaknya kandungan nutrisi yang dimilikinya, dengan mengkonsumsi telur secara teratur maka seseorang akan dapat merasakan manfaatnya yang banyak itu.

Ada pun kandungan nutrisi yang dimiliki satu telur ayam ukuran besar:

Vitamin A: 5% dari RDA.

Vitamin D: 10% dari RDA

Vitamin B12: 10% dari RDA.

Vitamin B6: 5% dari RDA.

Selenium: 28% dari RDA.

Fosfor: 9% dari RDA.

Vitamin B2: 15% dari RDA.

ket: RDA (recommended dietary allowance atau angka kecukupan gizi yang dianjurkan)

Berikut beberapa benefit konsumsi telur bagi kesehatan seperti menurut The Bored Mind:

1. Telur menyehatkan mata

Kuning telur dipercaya mengurangi resiko degenerasi makular atau rusaknya pengelihatan sentral mata yang tidak dapat disembuhkan itu. Menurut studi yang dilakukan peneliti dari Tufts University yang dirilis pada American Journal of Clinical Nutrition di tahun 1997, ketika dikonsumsi, anti oksidan yang dihasilkan dari kuning telur akan meningkat secara tajam dalam tubuh.

2. Telur dapat membantu mengurangi berat badan

Menurut studi yang dirilis dalam Journal of the American College of Nutrition, mereka yang mengkonsumsi telur saat sarapan dapat mengontrol nafsu makan, khususnya bagi mereka yang sedang dalam proses diet ketimbang mengkonsumsi karbohidrat seperti roti atau kalau di Indonesia lebih populer dengan nasi.

3. Telur membantu pembentukan tulang dan tenaga pada otot

Kandungan yang terdapat pada telur membuatnya ideal untuk membangun otot yang kuat. Protein pada telur digunakan tubuh untuk memperbarui jaringan otot dan jumlah massa otot.

4. Telur mendorong kesehatan dan ketajaman otak

Telur memiliki kandungan nutrisi bernama choline yang mampu mendorong kerja otak. Dengan mengkonsumi telur, maka kebutuhan harian otak akan choline dapat terpenuhi sebesar 35 persen.

5. Telur dapat menghindari anda dari gangguan jantung dan kanker payudara

Kandungan choline pada telur tidak hanya dipercaya berkhasiat menjaga kerja otak namun juga baik untuk kesehatan jantung dan mampu berperan sebagai penangkal kanker payudara.

(ruf/fajar)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.