Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Bupati Sigi Akui Tantangan Sektor Pertanian Cukup Berat

0 40

PALU EKSPRES, SIGI – Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta S.Sos, MSi, mengakui bahwa tantangan pengembangan atau peningkatan sektor pertanian di wilayah yang dipimpinnya itu cukup berat.

Hal itu diakibatkan oleh pertumbuhan penduduk semakin tidak teratasi dan alih fungsi lahan pertanian secara permanen semakin meningkat tanpa dibarengi percetakan sawah baru.

“Masih cukup berat tantangan kita khususnya peningkatan di sektor pertanian,” kata Iwan sapaan akrab Bupati Sigi, beberapa hari lalu.

Ia mengatakan, faktor yang mempengaruhi pengembangan sektor pertanian itu sendiri adalah makin meningkatnya kebutuhan konsumsi pangan setiap per kepala rumah tangga. Disatu sisi, perubahan iklim yang tidak menentu.

“Selain itu, umur rata-rata petani kita khususnya di Sigi sudah terbilang lanjut usia, yaitu umur 50 sampai 6o tahun ke atas. Sedangkan minat generasi muda untuk bekerja di sektor pertanian masih minim, dan tingkat pendidikan para petani rata-rata tamat sekolah dasar serta belum memiliki pengetahuan lebih terkait dengan pengembangan sektor pertanian itu sendiri,” tuturnya.

Hal ini tentunya, kata Irwan, tidak terlepas dari peran dan fungsi bagi bidang penyuluhan, dalam hal ini mengantisipasi sejumlah faktor yang menjadi tantangan pengembangan sektor pertanian itu sendiri.

“Penyuluh pertanian harus menggunakan pendekatan-pendekatan atau kaidah-kaidah penyuluhan, baik secara perorangan, kelompok maupun secara massal,” ujarnya.

Karenanya, dia berharap agar para penyuluh pertanian yang ada di Sigi untuk senantiasa melaksanakan tugasnya dengan baik, disiplin dan terus berpedoman pada indikator keberhasilan kinerja para penyuluh pertanian di lapangan nantinya. Serta mendukung program pemerintah Sigi, seperti Sigi Hijau dan Sigi Masagena (sejahtera).

(mg2/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.