Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Cara Mengatasi Stress yang Tidak Pernah Terpikirkan Sebelumnya

0 19

PALU EKSPRES, JAKARTA – Setiap orang pastinya memiliki permasalahan hidup tersendiri, membuat mereka rentan terkena stress. Stress dapat dipicu oleh banyak hal, mulai dari urusan pekerjaan, masalah rumah tangga, kelelahan dan masih banyak lagi

Stress sendiri biasanya ditandai dengan ciri-ciri seperti kelelahan, sakit kepala, gangguan pencernaan, otot kejang, perubahan nafsu makan, kebiasaan menggertakan gigi serta menurunnya gairah s*ksual.

Selain itu, gejala seperti mudah marah, gelisah dan kekurangan energi juga kerap mendera mereka yang mengalaminya..

Kendati efek yang ditimbulkan darinya amatlah buruk terhadap kesehatan, terlebih ketika dibiarkan begitu saja, kondisi ini sebenarnya dapat diatasi dengan berbagai macam cara. Beberapa di antaranya bahkan mungkin, tidak pernah terpikirkan oleh Anda, seperti halnya di bawah ini:

1. Menghabiskan waktu dengan peliharaan

Ini adalah salah satu relaksasi dan terapi yang sangat baik untuk menghilangkan stress. Tidak hanya membuat anda tersenyum, bermain dengan peliharaan dapat mendorong produksi hormon oksitoksin yang dapat membantu anda mengontrol tekanan darah.

2. Peluk seseorang

Menurut studi yang dilakukan peneliti dari University of North Carolina, mereka yang berpegangan tangan selama 10 menit diikuti dengan pelukan juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Lain kali anda stress, coba cara yang satu ini.

3. Duduk yang tegak

Berdasarkan studi yang ditunjukan Applachian State University, mereka yang memiliki postur tubuh lebih baik, salah satunya berkat latihan pilate, diketahui mampu mendorong rasa percaya diri dan relaksasi.

4. Melihat warna yang terang

Melihat warna terang selama beberapa menit, kata terapis fisik Scott Adam Weiss, DPT, CSCS, dapat memberikan dampak positif terhapap kemistri tubuh dan meredakan stress.

5. Duduk di kursi goyang

Menurut studi yang dilakukan oleh University of Rochester, gerakan kecil yang anda lakukan saat duduk di kursi goyang dapat membantu pelepasan hormon endofin yang biak untuk mendorong mood sekaligus mengurangi rasa sakit.

6. Keluar rumah

Keluar rumah untuk udara segar juga dapat memberikan manfaat relaksasi dan mengurangi stress, kata Weiss. Makan siang di luar atau jogging adalah pilihan yang tepat. Yang anda butuhkan adalah beberapa menit waktu anda untuk beraktifitas di luar.

(ruf/fajar)

Sumber: Prevention.com

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.