Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Menkumham Sebut Serbuan Pekerja Asing Cuma “Hoax”

0 146

PALU EKSPRES, JAKARTA – Masyarakat terus membicarakan kabar serbuan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang masuk ke Indonesia. Terlebih Presiden Joko Widodo belum lama ini menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 tentang TKA.

Merespons itu, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Hamonangan Laoly, menyebut kalau isu TKA merupakan berita bohong alias Hoax.

“Aduh, ini kan dibuat jadi hoax. (Perpres Nomor 20 Tahun 2018) Ini maksudnya memudahkan investasi, bukan katanya menjadi tenaga kerja Indonesia,” kata Yasonna di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Rabu (25/4).

Yasonna meyakini, masuknya turis asing ke Indonesia sudah tercatat dengan benar oleh pihak imigrasi. Apalagi kunjungan wisatawan dari manca negara ke Indonesia biasanya memanfaatkan jasa travel agent.

“Kalau dia turis seperti di Manado melalui travel agent masuk 100 keluar 100, jadi terdokumentasi dengan baik, dia (turis) kan visanya terbatas kalau ada satu atau dua nggak ada, kita pakai Quick Respon Quad, jadi nanti kita masukkan pasportnya untuk mencari, oh kita tahu ini belum keluar nah dicari,” ujar Yasonna.

Yasonna menilai, masyarakat saat ini ditakuti oleh maraknya isu TKA illegal. Bahkan, politisi PDIP ini menganggap turis di Indonesia lebih sedikit dibanding Singapura.

“Jadi kita ini seperti dihantui ketakutan, negara ini gedenya bukan main. Singapura saja yang kecil, tamu asingnya lebih banyak dari pada tamu kita,” sebut Yasonna.

Oleh karena itu, Yasonna meyakini Perpres Nomor 20 Tahun 2018 yang belum lama ditekan oleh Jokowi untuk memudahkan masuknya investasi asing.

“Kalau TKA tercatat sebagai TKA, masuknya itu dibuat untuk Perpres, kemudahan mendaftarkannya (investasi asing) ada. Rencana penggunaan tenaga asingnya ada,” pungkasnya.

(rdw/JPC)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.