Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Dua Siswi SLB Parimo Penyandang Tuna Netra Ikut UNKP

0 371

PALU EKSPRES, PARIGI – Dua Siswi penyandang tuna netra asal Desa Lebagu, Kecamatan Balinggi, Kabupaten Parigi Moutong, Ni Made Dwivayanti dan Ni Putu Diva Riyanti (16), mengikuti Ujian Nasional Pensil Kertas (UNKP) tingkat Sekolah Menengah Pertama.

Kedua putri kembar tersebut meski terbilang anak berkebutuhan khusus (ABK) namun tidak menyurutkan semangat mereka terus belajar untuk menggapai cita-cita mereka.
Kepala Sekolah SD, SMP Luar Biasa (SLB) I Ketut Dina Arta, S. Pd, kepada Palu Ekspres, Selasa (24/4/18) di Parigi mengatakan, ada empat siswa anak yang berkebutuhan khusus (ABK) terdiri dari tuna netra, tuna runggu dan Autis.

“Keempat siswa ini mengikuti UNKP hari kedua dibantu dengan para guru yang berada di sekolah ini,” jelasnya. Dia menjelaskan, sesuai dengan amanat Undang-undang bahwa setiap warga negara berhak untuk mengenyam pendidikan. Artinya, tanpa terkecuali mereka yang berkebutuhan khusus diwajibkan mengikuti ujian nasional seperti siswa pada umumnya, sehingga pihaknya bersedia menerima para anak berkebutuhan khusus mengikuti ujian nasional tersebut.

Menurutnya, selama memimpin SLB dirinya telah menamatkan para anak berkebutuhan khusus setiap tahun baik tingkat SD, SMP dan SMA. Bahkan ada siswa yang berasal dari sekolah formal yang memiliki kebutuhan khusus dimasukkan ke sekolah ini, agar proses pendidikan sesuai dengan kebutuhan mereka agar dapat bekembang.

“Rata-rata siswa-siswi ini memiliki semangat belajar yang tinggi meski memiliki keterbatasan dan kami siap melakukan pembinaan kepada mereka,” ungkapnya. Dia berharap kepada anak yang memiliki kebutuhan khusus tidak menyurutkan semangat mereka, untuk menuntut ilmu. Sekolah Luar Biasa ini terbuka lebar bagi mereka yang ingin mengenyam pendidikan kemudian ditambah dengan dorongan dari orangtua. “Seperti siswi kembar yang menyandang tuna netra ini, mereka bercita-cita ingin menjadi orang sukses,” terangnya.

(asw/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.