oleh

89 SMP dan MTs Ikuti UNBK

PALU EKSPRES, PARIGI – Sebanyak 89 Sekolah Menengah Tingkat pertama (SMP) di Kabupaten Parigi Moutong melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (23/4).

“Jadi yang melaksanakan UNBK itu, SMP Negeri ada 28, Swasta 5 Sekolah, MTs Negeri tiga, dan MTs Swasta 43 jadi, total sekolah SMP yang melaksanakan UNBK hari ini adalah 89 Sekolah,” jelas Ketua Panitia UNBK SMP Kabupaten Parigi Moutong, Ahmad Saiful kepada Palu Ekspres, saat melakukan peninjauan di SMPN 1 Parigi.

Selain UNBK kata dia, ada juga sekolah yang masih melaksanakan ujian nasional kertas dan pensil (UNKP) yang diikuti 57 sekolah negeri, 11 SMP Swasta, dan MTs tidak ada. “Jadi kebijakan kementerian agama itu untuk SMP, seluruhnya sudah harus melaksanakan UNBK, tapi kita di negeri karena minimnya sarana dan prasarana sehingga sesuai dengan kemampuan sekolah saja, tetapi kami tetap mendorong semua sekolah seperti itu, tapi keadaanya hanya seperti itu,”terangnya.

Sehingga ke depannya, dia berharap sama seperti di tingkat SMA dan SMK, bahwa saat ini SMK dan SMA di Sulawesi Tengah seluruhnya sudah melaksanakan UNBK. “Ya kalau kita bandingkan dengan UNKP dari sisi pembiayaan memang lebih irit, kita tidak lagi mendistribusikan soal dan lain sebagainya, dan disisi pengawasanya juga kita tidak perlu lagi melibatkan pihak kepolisian,” jelasnya.

Ia menambahkan, dari sisi pembiayaan UNBK ini lebih irit, tetapi sekolah harus mengeluarkan biaya ekstra pada awal. Kemudian yang paling sulit itu adalah menyediakan laptop. Akan tetapi yang lebih sulit lagi adalah menyediakan server karena harga server itu sangat mahal.
Ia mengakui UNBK ini tidak ada kendala serta harapannya kegiatan ini tetap lancar hingga di akhir pelaksanaanya nanti.

“Jadi mulai dari pendistribusian soal hingga pelaksanaannya, hari ini tidak ada kendala,” pungkasnya.

(asw/Palu Ekspres)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed