Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Insiden Heli Jatuh di Morowali, BPJS Ketenagakerjaan Segera Bayarkan Santunan

0 128

PALU EKSPRES, MOROWALI – Ketenagakerjaan Kabupten Morowali segera membayarkan santunan kematian korban heli yang jatuh di arel PT Indonesia Morowali Park (IMIP), Jumat (20/4). Terkait hal itu, Kepala BPJS Morowali turun langsung ke tempat kejadian perkara(TKP) bersama timnya untuk melihat langsung lokasi kejadian, serta mengkomunikasikan dengan pihak mangement PT IMIP.

Hal tersebut disampikan Salengke selaku Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Morowali, saat ditemui di lokasi musibah yang menimpa karyawan PT IMIP pada Sabtu (21/4) setelah sehari jatuhnya Heli.

Menurutnya, pembayaran santunan tersebut akan dilakukan apabila berkasnya sudah rampung. Salengke menjelaskan,jika mengacu dari aturan perundang- undangan yang berlaku, santunan tersebut bisa terbayarkan juga hari ini ini apabila berkas dari almarhum Aris Heni sudah rampung. Untuk itu, ia bersama stafnya turun langsung untuk berkoordinasi dengan pihak perusahaan, di mana korban bekerja.

“Saya selaku kepala BPJS Morowali sangat mengharapkan proses ini cepat selesai dan santunannya langsung diserahkan kepada ahli warisnya. Terkait dengan itu, saya bersama staf turun langsung di lokasi untuk memjeput bola sebagai gerakan reaksi cepat kami agar selesai dengan baik,” tegasnya.

Menurutnya, santunan kecelakaan kerja almarhum Aris Heni sekitar ratusan juta, diterima oleh orangtuanya selaku ahli waris ahli. Jumlah itu sudah termasuk dana pemakaman, tabungan, dan dan jaminan kematian(JKM). Untuk itu, ia berharap, usai melengkapi seluruh berkas yang diperlukan kelengkapannya, segera dilakukan untuk pembayaran santunan terhadap Aris Heni Irawan. Ditanya terkait ke enam orang WNA, apakah mereka sebagai peserta BPJS. Salengke menjelaskan ke enam WNA tidak masuk dalam daftar ketenagakerjaan Morowali.

Sementara Deddy Kurniawan selaku Humas PT IMIP saat dikonfirmsi di kantornya, Sabtu (21/4) membenarkan bahwa pihak kantor BPJS Morowali sudah berkoordinasi dengan pihak PT IMIP terkait kelengkapn berkas karyawan yang jadi korban heli. Maksud dari koordinasi tersebut terkait proses pembayaran santunannya sebagai kepesertaanya di BPJS ketenagakerjaan.

“Dari pihak BPJS Morowali sudah menemui kami untuk koordinasikan soal kelengkapan berkas agar santunan Aris Heni selaku karyawn PT IMIP secepatnya dibayarkan oleh pihak BPJS Kabupaten Morowali,” jelasnya.

(mg1/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.