Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Paripurna DPRD Kota Gagal Kuorum, Ishak Geram

0 156

PALU EKSPRES, PALU – Paripurna DPRD Palu dengan agenda tanggapan akhir wali kota atas empat buah Ranperda yang sedianya digelar pukul 14.00wita, Jumat 20 April 2018 gagal memenuhi quorum hingga pukul 17.00 wita.

Empat buah Ranperda antara lain Ranperda pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS, perumahan dan kawasan pemukiman, Ranperda penanganan gelandangan dan pengemis dan Ranperda perubahan RPJMD. Informasi yang beredar sejumlah anggota sengaja tidak hadir sebagai bentuk penolakan terhadap pengesahan Ranperda perubahan RPJMD 2016-2021.

Karena sebelumnya dalam paripurna penyampaian hasil kerja panitia khusus (Pansus) LKPj dan Ranperda RPJMD, Kamis 19 April 2018, dua fraksi, yaitu fraksi restorasi pembangunan dan fraksi PKS menolak pengesahan Ranperda perubahan RPJMD.

Sedangkan 1 fraksi lainnya yaitu Fraksi Hanura, tetap menerima namun disertai catatan-catatan untuk perbaikan penyusunan naskah RPJMD. Ridwan Alimuda dari fraksi restorasi pembangunan, meski sebelumnya menyatakan menolak atas pengesahan Ranperda RPJMD, terlihat tetap hadir untuk mengikuti paripurna.

Menurut dia, sebagai anggota, hadir dalam paripurna adalah kewajiban. Karena hal itu telah menjadi mekanisme. Tidak ada alasan kata dia untuk seorang anggota menolak hadir. “Harus dibedakan mekanisme sikap pandangan akhir fraksi dengan agenda sidang paripurna,”hemat Ridwan.

Demikian halnya Rizal, anggota Pansus RPJMD yang terlihat hadir memenuhi undangan paripurna. Padahal sebelumnya Rizal juga menyatakan menolak pengesahan Ranperda RPJMD tersebut karena sejumlah alasan teknis penyusunan naskah Ranperda.

Rizal mengaku menolak pengesahan naskah RPJMD karena terkait belum rampungnya penyusunan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS). Pemuatan dokumen KLHS dalam RPJMD kata dia merupakan hal wajib sebagaimana ketentuan yang ada.

Tidak quorumnya paripurna tersebut, sempat memicu amarah Ketua DPRD Ishak Cae. Ishak bahkan sempat mengancam untuk tidak menandatangani surat perintah perjalanan dinas (SPPD) bagi anggota yang belum juga menghadiri paripurna. Hingga pukul 17.00 wita, anggota dewan yang sempat terlihat hadir memenuhi undangan diantaranya Ridwan Alimuda, Rizal, M Rum, Raudah, Muchlis Yabi, Ronald, H Efendi, Tamsil, Alimudin H Alibau, Rusman Ramly. Sucipto.

(mdi/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.