Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Disdikbud Parimo Komitmen Kembangkan Budaya Tradisi

0 9

PALU EKSPRES, PARIGI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) berkomitmen untuk mengembangkan budaya, khususnya pengembangan budaya tradisi yang ada di setiap kecamatan.

“Kami akan menggali semua potensi budaya yang ada di semua kecamatan se- Kabupaten Parigi Moutong, kemudian akan dikembangkan,” kata Sekretaris Disdikbud Parimo, Ahmad Saiful kepada Palu Ekspres, Senin (16/4), di Parigi.

Dia mengatakan, sebelumnya Disdikbud telah melaksanakan kursus instruktur tari bagi guru sekolah dasar (SD) di semua kecamatan sebagai upaya penggalian budaya, untuk mengaplikasikan ilmu para guru tersebut, pihaknya melalui bidang kebudayaan telah menggelar lomba tari khusus pelajar yang diikuti kurang lebih 15 sekolah dari 23 kecamatan pada saat HUT Kabupaten Parigi Moutong baru-baru ini.

Menurutnya, hasil lomba yang sudah dilaksanakan akan dikirim ke kementerian pendidikan dan kebudayaan tanpa melalui seleksi di Provinsi. Dari seluruh peserta yang berkompetisi kata dia, memiliki potensi yang sangat luar biasa. Melihat hasil itu pihaknya ke depan akan mengupayakan pembinaan dalam bentuk pelatihan instruktur agar potensi yang ada bisa lebih tergali.

Dia berharap, agar ke depannya semua kecamatan bisa mengikutkan perwakilannya berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, sehingga seluruh potensi yang ada di masing-masing kecamatan dapat diangkat dan dikembangkan.

(asw/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.