Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Bupati Sigi Minta Keluarga Korban HAM Segera Didata

0 104

PALU EKSPRES, SIGI – Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta SSos Msi meminta kepada Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sigi dan Dinas Sosial (Dinsos) Sigi untuk segera mendata keluarga yang menjadi korban Hak Asasi Manusia (HAM) di wilayah tersebut.

“Saya sudah perintahkan Kesbangpol dan Dinsos untuk segera mendata warga yang menjadi korban HAM pada tahun 1965-1966 di Desa Tulo, Kecamatan Dolo,” terang Bupati, Senin (16/4).

Saat ini, lanjutnya, berdasarkan data dari Solidaritas Korban Penyiksaan HAM atau SKP-HAM khususnya di Sulteng, tercatat ada sekitar 7.000 ribu lebih orang yang menjadi korban pada peristiwa yang dikenal dengan sebutan Gerakan 30 September 1965.

“Dan itu tersebar di Kota Palu, Parigi Moutong, Sigi dan Donggala,” jelasnya.
Menurutnya, perjuangan SKP-HAM tidak hanya mengurusi korban pada era 1965 dan 1966-an saja, melainkan korban-korban yang hak asasinya terabaikan.

Dia menambahkan, bahwa beberapa waktu lalu pihaknya sendiri telah melakukan kunjungan atau silaturahmi kepada warga yang menjadi korban HAM khususnya di Desa Tulo, Kecamatan Dolo. Kegiatan ini tentunya, saya harapkan bisa mengembalikan hak-hak warga yang telah terabaikan pada peristiwa 1965 dan 1966.

“Olehnya, data mereka sangat penting, khususnya para pemuda untuk dilibatkan dalam program-program pemberdayaan berupa pelatihan-pelatihan, dan diharapkan juga kedepan mereka dapat diberikan bantuan kesehatan, raskin dan bedah rumah yang saat ini menjadi program Pemerintah Sigi,” pungkasnya.

(mg2/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.