Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Prabowo Butuh Momentum Balikan Situasi

0 8

PALU EKSPRES, PALU – Pemilihan Presiden 2019, sepertinya akan mengulang kembali Pilpres 2014, Jokowi versus Prabowo. Setidaknya, hingga saat ini dua kandidat ini sudah menggelar deklarasi. Sedangkan kandidat lain, seperti Rizal Ramli sepertinya akan tenggelam.

Selain tidak sepi parpol figur mantan Direktur Econit itu masih kurang populer bagi sebagian publik tanah air. Setidaknya jika dibandingkan dengan Prabowo dan Jokowi.

Bagaimana peluang Prabowo menghadapi petahana yang mengalahkannya pada Pilpres 3 tahun lalu? Staf pengajar Fisip Universitas Tadulako Dr Alamsyah Nur memandang, sekalipun Jokowi memenangkan kontestasi di Pilpres 2014, Prabowo tetap mempunyai peluang untuk mengalahkannya pada Pilpres kali ini.

Namun kata dia, Prabowo butuh momentum untuk membalikan situasi politik agar berpihak kepadanya. Secara teoritis, petahana mempunyai 50 persen kemenangan dibanding kompetitornya. Sekalipun kata dia, survey masih menempatkan sedikit keunggulan bagi petahana di kisaran 40 persen.

Momentum yang dibutuhkan Prabowo salah satunya adalah merebut perhatian publik pada isu-isu populis. Harus diakui kata dia, Prabowo tidak mempunyai framing isu yang konsisten berpihak pada rakyat. Ini berbeda dengan Jokowi yang menggunakan pencitraan melalui politik blusukan yang dilakukannya di berbagai tempat.

Hal ini kata dia dibuktikan dengan menangnya Jokowi di Sulawesi Tengah, walau dengan mesin politik yang tidak seberapa.

Menurut dia, budaya politik masyarakat masih belum bergeser jauh dibandingkan dengan 2014. Karena itu karakter politik masyarakat katanya perlu dipahami dengan baik oleh Prabowo jika benar-benar ingin menjadi kompetitor bagi petahana.

(kia/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.