Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Ini Kaitan antara Bermain Ponsel Sambil Menyamping dengan Kebutaan

0 5

PALU EKSPRES, JAKARTA – Mengakses ponsel atau tablet menjelang tidur adalah kebiasaan banyak orang modern dewasa ini. Namun banyak yang tidak menyadari bahaya yang menghintai dari kebiasaan ini, khususnya ketika menggunakannya sambil tiduran.

Menurut sebuah studi, menggunakan gadget di atas tempat tidur, terlebih disaat waktunya beristirahat, dapat menyebabkan masalah kesehatan tersendiri, terlebih pada bagian mata.

Di tahun 2016 lalu, dua wanita asal Inggris dilaporkan alamii kebutaan temporer, diduga akibat kebiasaan mereka dalam menggunakan perangkat mobile tersebut secara kontinu.

Menurut laporan Associated Press, kebutaan tersebut terjadi dan lalu hilang dan dapat kembali terjadi. Kedua wanita tersebut, masing-masing berusia 22 dan 40 tahun, diketahui sangat gemar bermain ponsel dengan posisi menyamping.

Keduanya wanita ini juga gemar menggunakan bantal ketika memperhatikan layar ponsel, mereka di mana salah satu mata terhalang, mengakibatkan adanya perbedaan intensitas cahaya yang masuk ke bola mata, dan pada akhirnya mengakibatkan kebutaan sementara.

Dalam penjelasan studi yang dirilis pada New England Journal of Medicine itu, disebutkan bahwa mata yang melihat layar ponsel, dapat menyesuaikan dengan tingkat kecerahan layar, cahaya berwarna biru, sementara mata yang terhalang oleh bantal, beradaptasi pada warna hitam atau gelap.

Ketika kedua mata terekspos pada jumlah cahaya yang sama dan mata yang terbiasa melihat layar ponsel, membutuhkan waktu untuk membiasakan diri pada cahaya.

Transisi yang intens tersebut mengakibatkan kebutaan dalam hitungan menit ketika mata tidak lagi fokus pada layar ponsel. Karena itu, disarankan oleh dokter kepada anda untuk tidak melakukan kegiatan sejenis di atas tempat tidur, kalau perlu, matikan ponsel anda ketika sudah waktu beristirahat.

(ruf/fajar)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.