Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

UAMBN-BK di Sulteng Berlangsung Baik

0 36

PALU EKSPRES, PALU – Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) tahun 2018 beberapa madrasah di Provinsi Sulteng, berjalan dengan baik. Pelaksanaan UAMBN-BK tingkat Madrasah Aliyah (MA) sebelumnya dilaksanakan pada 26-31 Maret 2018, sedangkan di tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dilaksanakan pada 2-6 April 2018.

Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi Bidang Pendidikan Madrasah, Kanwil Kementerian Agama Sulteng, Dr. Muh. Jamil M. Nur mengakui, pelaksanaan UAMBN-BK di beberapa madrasah lebih ringan dibandingkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Alhamdulillah UAMBN-BK bisa dilaksanan dengan baik, kendala-kendala seperti masalah jaringan bisa diatasi. Untuk UAMBN-BK memang aplikasinya lebih ringan daripada UNBK,” kata Jamil, saat meninjau pelaksanaan UNBK di MAN 2 Kota Palu, Senin 9 April 2018.

Ia juga menyebutkan, pada UNBK tahun ini seluruh madrasah di Sulteng baik MA maupun MTs sudah dapat mengikuti UNBK. Berbeda dengan pelaksanaan UAMBN, kata Jamil, masih ada beberapa madrasah yang belum mengikuti UAMBN-BK.

Hal ini jelasnya, karena ada beberapa madrasah yang mengikuti UNBK dengan status resource sharing (berbagi dengan sekolah lain), pada saat pelaksanaan UAMBN bertepatan dengan jadwal ujian lainnya di sekolah yang ditumpangi tersebut.

“Ada beberapa yang masih ujian berbasis cetak, karena 20 persen madrasah yang UNBK dengan resource sharing dengan sekolah lain, itu kan bertemu jadwal ujiannya, jadi kita tidak bisa memaksakan teman-teman madrasah yang belum memiliki CBT,” jelasnya.

(abr/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.