Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Perayaan HUT PPNI Diakhiri Aksi Bersih Pantai

0 10

PALU EKSPRES, PALU – Puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke 44 Persatuan Perawat Nasional Indonesia ( PPNI) tingkat Kota Palu tahun 2018 diisi dengan aksi membersihkan sampah di sepanjang pantai Talise Palu, Minggu 8 April 2018.

Ratusan pengurus dan anggota PPNI Kota Palu ikut terlibat dalam aksi peduli lingkungan tersebut. Aksi bersih bersih pantai ini dilakukan dengan memungut sampah yang berserakan. Aksi ini kian semangat karena dipimpin langsung Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said.

Sebelumnya, rangkaian kegiatan HUT PPNI juga disemarakkan dengan menggelar penyuluhan bahaya narkoba secara serentak di 24 sekolah dasar se Kota Palu, beberapa waktu lalu.

Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said menyatakan aksi peduli lingkungan dari PPNI kota Palu diharap menjadi contoh bagi yang lain.

“Ini luar biasa PPNI dengan kekuatan ribuan orang bergerak membersihkan salah satu titik wajah kota yakni pantai Talise,”kata wakil dalam sambutannya.

Kebersihan pantai Talise kata dia memang sudah sewajarnya harus terus dipelihara bersama sama, khususnya masyarakat Palu. Pasha berharap, kegiatan demikian harus digelar rutin.

Iapun berharap masyarakat khususnya para pedagang disepanjang pantai turut mengawasi kebersihan dari orang yang buang sampah sembarangan.

“Karena saya kasihan juga kalau DLH ini harus mengerjakan semuanya tanpa ada kerjasama dari berbagai pihak dan ini haruslah menjadi perhatian kita semua,”sebutnya.

Sebab tambahnya Pemkot Palu saat ini tengah mendorong segala upaya untuk mewujudkan Kota Palu sebagai kota tujuan wisata.

“Ada dua dasar destinasi yang masuk dalam kategori Sapta pesona. Yakni kebersihan dan keindahan. Jadi kalau kota ini tidak bersih, maka kita tidak akan didatangi oleh orang dari luar kota sana,”pungkasnya.

Ketua PPNI sekaligus Ketua Jurusan Keperawatan Poltekkes Palu, Selvi Alfrida Mangundap, menuturkan PPNI sangat berharap terus mendapat bimbingan Pemkot Palu.

“ PPNI ibarat seorang anak dan Pemkot adalah orangtua. Kami sangat berharap bimbingan dan dukungan dalam rangka menyelaraskan program antara keduanya,”kata Selvi.

Dia menyebut saat ini perawat di Kota Palu yang memiliki nomor Induk register anggota (NIRA) sebanyak 2.896 orang. Jumlah itu kata dia  belum di institusi atau mahasiswa pendidikan.  Jumlah anggota sebanyak itu ucap Selvi  didukung sebanyak 21 komisasriat

Perawat anggota PPNI sejauh ini ujarnya paling banyak bekerja di RSUD Anutapura Palu dengan jumlah sebanyak 700 orang. Selebihnya tersebar RS Undata, RSJ Mamboro dan Madani Palu.

Usai membuka acara bersih pantai Wawali Palu bersama Rombongan sejumlah pejabat kota Palu menyusuri bibir pantai teluk palu dengan menggunakan kapal motor milik BPBD Kota Palu.

(mdi/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.