Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Lulusan SMK Punya Peluang Luar Biasa

0 64

PALU EKSPRES, PALU – Lulusan dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dipandang memiliki peluang yang luar biasa, khususnya berkaitan dengan lapangan kerja. Hal ini disampaikan Gubernur Sulteng, H. Longki Djanggola, di sela-sela meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018 di SMK Negeri 1 Palu dan SMK Negeri 3 Palu, Senin 2 April 2018.

“SMK inilah yang justru punya peluang luar biasa, terkait lapangan kerja. Bahkan lulusan SMK juga sudah bisa untuk mandiri, jadi tidak perlu lagi harus menjadi pegawai negeri dan sebagainya. Paling tidak inilah yang sudah membantu pemerintah,” kata Gubernur.

Gubernur juga menegaskan kembali bahwa di beberapa SMK di Sulteng, memiliki jurusan-jurusan yang telah diakui keunggulannya. Sehingga mampu bersaing di tengah-tengah persaingan lapangan kerja.

“Ada jurusan-jurusan unggulan, seperti yang berkaitan dengan komputer di SMKN 3, serta di SMKN 1 ada perhotelan, tata boga, pariwisata, dan busana yang sudah diakui, bahkan diakui oleh Menteri,” ujarnya.

Ia berharap, pelaksanaan UNBK turut menjadi sarana pengembangan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di provinsi Sulteng.

Dalam peninjauan UNBK SMK tersebut, Gubernur didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng Irwan Lahace, Anggota DPRD Provinsi Sulteng Zainuddin Tambuala, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Maimun Lawira, serta para perwakilan dari PLN, Telkom, Korem 132 Tadulako, dan Polda Sulteng.

Pada pelaksanaan UNBK jenjang SMK tahun ini, di provinsi Sulteng diikuti oleh 13.079 orang siswa dari 172 sekolah. Sejak tahun lalu, sudah seratus persen SMK di Sulteng melaksanakan UNBK. Data dari Kemendikbud, secara total pada pelaksanaan Ujian Nasional SMK tahun ini diikuti oleh sekira 1,4 juta orang siswa, dari sekira 12 ribu sekolah. UN jenjang SMK akan berlangsung selama empat hari.

(abr/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.