Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Sekolah dan Peserta Didik Harus Jujur dalam Ujian

0 231

PALU EKSPRES, PALU – Jelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang SMP/MTs tahun ajaran 2017/2018, yang mulai digelar pada 23 April 2018 mendatang, Dinas Pendidikan Kota Palu melakukan sosialisasi terkait POS UN 2017/2018, untuk jenjang SMP/MTs negeri dan swasta, seta Paket B dan Paket C se-Kota Palu, di aula SMPN 15 Palu, Sabtu 31 Maret 2018.

Selain sosialisasi, Disdik Kota Palu bersama seluruh SMP dan MTs negeri dan swasta di Kota Palu, menandatangani pakta integritas, terkait komitmen menjalani UN tahun ini dengan jujur. Terkait pelaksanaan UN dan USBN yang tinggal menunggu hari, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu, H. Ansyar Sutiadi mengingatkan kepada seluruh pihak terkait, baik sekolah maupun peserta didik, untuk terus menanamkan nilai-nilai kejujuran.

Menurutnya, pelaksanaan ujian dengan baik, jujur dan tanpa masalah, merupakan cerminan dari proses pembelajaran yang dilakukan sebelumnya.

“Ketika prosesnya bagus, yakni saja ujiannya juga akan berjalan dengan baik. Sebaliknya, kalau proses pembelajarannya ada masalah di suatu sekolah, pastilah hasilnya tidak akan maksimal,” kata Ansyar.

Secara umum, ia berharap seluruh peserta didik di Kota Palu dapat memperoleh nilai yang baik dan memuaskan pada UN dan USBN tahun ini, yang dilakukan dengan nilai-nilai kejujuran. “Kita berharap, tidak ada bocoran-bocoran soal, tidak ada lagi bantuan-bantuan. Khususnya untuk UNKP (UN berbasis Kertas dan Pensil-red), karena UNBK Insyaallah tidak ada kebocoran soal,” ujarnya.

Terkait target yang dicanangkan oleh Dinas Pendidikan Kota Palu, Ansyar menegaskan pihaknya berharap nilai para peserta didik di Kota Palu mampu berada di atas daerah-daerah lainnya di Provinsi Sulteng. “Itu setiap tahun kita capai,” tandasnya.

(abr/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: