Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

HPA Dorong Program Pemberdayaan Masjid

0 26

PALU EKSPRES, PALU – Gubernur Sulteng H Longki Djanggola menyatakan harapannya kepada segenap pengurus Himpunan Pemuda Alkhairaat (HPA) untuk bersinergi memberdayakan umat. Sebagai organisasi pemuda islam, HPA dinilai punya kapasitas untuk itu.

Harapan itu diutarakan Asisten 1 Pemerintahan Pemprov Sulteng, H Faisal Mang usai pelantikan pengurus wilayah HPA Sulteng masa hikmat 2018-2020, Jumat 30 Maret 2018 di wisma Donggala.

Terlebih kata Faisal Mang, Alkhairaat punya catatan akar sejarah yang kuat di Sulteng. Organisasi yang didirikan. Sis Aljufri itu menurutnya tak terpisah dari elemen kedaerahan masyarakat Sulteng.

“Karenanya HPA senantiasa harus transformasi program. Kadernya harus bahu membahu membangun daerah untuk memberdayakan umat. Mengingat 78persen penduduk Sulteng adalah muslim,”harapnya.

Kader dan pengurus PW HPA juga ia harap mampu menyeimbangkan kecerdasan intelektual. Sehingga nantinya bisa berperan maksimal dalam pembangunan umat dan daerah.

Di kesempatan itu, Faisal juga menaruh harapan besar agar PW HPA beserta jajaran harus berupa ya melindungi generasi muda dari bahaya narkoba dan radikalisme.

“Terimakasih atas sinergitas Alkhairaat selama ini dalam pembangunan umat si Sulteng,”demikian Faisal.

Pelantikan PW HPA Sulteng dilakukan Ketua Umum PB HPA H Sayyid Husen Bin Idrus Alhabsy. Pelantikan mengangkat tema revitalisasi peran himpunan pemuda Alkhairaat dalam mengonsolidasikan sumber daya keumatan.

Ketua PW HPA Sulteng, Dedi Irawan menyebut banyak yang menganggap HPA sudah vakum. Karenanya pelantikan itu merupakan forum yang kembali menegaskan eksistensi HPA di Sulteng.

“Kita merajut kenangan yang ada. Karena masih banyak pihak yang ternyata merindukan HPA,”ujarnya.

Dedi mengaku akan mendorong tiga program kerja prioritas HPA. Pertama akan mengambil bagian dalam upaya melawan berita hoaks. Melawan radikalisme serta peredaran narkoba.

“Tiga masalah itu adalah masalah vital bangsa yang saat ini marak,”tegas Dedi.

Untuk menjalankan tiga prioritas itu, pihaknya akan berupaya mengoptimalkan fungsi masjid sebagai pusat peradaban. Masjid menurut dia harus kembali berfungsi sebagai sarana pembinaan umat khususnya generasi muda.

“Kita dorong pemuda kembali berkumpul di masjid. Ini media ditengah masyarakat yang perlu dimaksimalkan,”ujarnya.

Untuk itu Dedi berharap pemerintah dapat mendukung upaya tersebut. Memakmurkan masjid sehingga fasilitasnya memadai sebagai tempat kumpul generasi muda islam.

Pelantikan PW HPA Sulteng dihadiri perwira mewakili Danrem 132 Tadulako, mewakili Kapolda Sulteng, tokoh agama dan masyarakat. Serta Rektor Unisa Palu.

(mdi/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.