Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Menteri Bambang Buka Musrenbang Sulawesi Tengah Tahun 2018

0 139

PALU EKSPRES, PALU – Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro Membuka Musrenbang Propinsi Sulawesi Tengah Tahun 2018 di Hotel Santika Palu, Kamis (29/3).
Dalam kesempatan itu, Menteri Bambang menyampaikan prespektif pembangunan nasional dan strategi pencapaian tujuan pembangunan nasional dengan tema “pemerataan pembangunan untuk pertumbuhan yang berkwalitas dengan prioritas nasional”.

“Musrenbang agar difokuskan pada pelaksanaan pertemuan multi sektor dan ke wilayahan untuk mendukung upaya sinergi perencanaan antara pusat dan daerah,” kata Bambang.

Selanjutnya ia menekankan pembahasan bersama kabupaten dan kota perlu diperhatikan secara detail, khususnya terkait perencanaan. “Harus lebih fokus dan terintegrasi dengan program dan kegiatan prioritas nasional. Perlu diperkuat Integrasi pendanaan yang baik dalam anggaran, pendapatan dan pengeluaran APBN dan APBD,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola. M.Si. mengatakan bahwa Musrenbang merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan perencanaan pembangunan, sebagaimana diamanatkan UU nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

“Pelaksanaan Musrenbang juga dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Propinsi Sulteng tahun 2019. Forum ini merupakan forum dari pihak-pihak yang berkepentingan dalam merumuskan program dan kegiatan pembangunan di Sulawesi Tengah,” kata Longki.

Ia berharapa, forum tersebut bisa mewujudkan kesemaan pandangan serta kesiapan untuk mengantisipasi tantangan dan peluang pembangunan yang akan dihadapi di tahun 2019. Ia juga menagsakan bahwa Musrenbang RKPD tersebut memiliki makna sangat strategis bagi pelaksanaan pembangunan ke depan, baik prespektif pembangunan daerah maupun nasional.

(Humas)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.