Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Dewan Bahas Ulang Ranperda Revisi RPJMD

0 2.037

PALU EKSPRES, PALU – Perubahan naskah rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Palu 2016-2021 telah selesai dibahas melalui musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang).

Dalam waktu dekat, dokumen perubahan RPJMD akan dibahas selanjutnya ditingkat DPRD Palu. Anggota Komisi B dewan kota, Joppy A Kekung menyebut, pembahasan itu dewan akan membentuk panitia khusus (Pansus) untuk mempertajam muatan dalam RPJMD perubahan.

“Dari pembahasan ditingkat dewan, Ranperda itu kemudian diajukan lagi ke Gubernur Sulteng,”jelas Joppy, Kamis 22 Maret 2018. Naskah perubahan RPJMD sebelumnya telah melalui uji publik di tingkat dewan beberapa waktu lalu. Uji publik itu sekaitan dengan penyusunan rancangan peraturan daerah (Ranperda) perubahan RPJMD.

“Ada beberapa hal yang menjadi penajaman dalam uji publik itu,”ujarnya. Setelah uji publik, naskah perubahan RPJMD juga telah diajukan ke pemerintah provinsi untuk dikaji lebih jauh. Sebelum akhirnya dikembalikan ke Pemkot untuk dilengkapi melalui mekanisme Musrenbang.

“Bappeda Palu juga baru menyelesaikan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) penajaman KHLS dalam RPJMD,”jelasnya. Menurutnya perubahan RPJMD dilakukan sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 86 tahun 2017 tentang penyusunan RPJMD.

Juga karena adanya penyesuaian nomenklatur organisasi perangkat daerah (OPD) sebagaimana amanat peraturan pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2016 OPD. Selain itu, dalam perubahan RPJMD ujar sekretaris Fraksi PDIP ini juga menjelaskan detail mengenai perubahan target pendapatan asli daerah (PAD). Karena sebelumnya beberapa item penerimaan daerah mengalami penurunan target.

“Dewan juga akan menyesuaikan rencana dalam RPJMD dengan hasil jaring aspirasi anggota,”pungkasnya.

(mdi/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.