Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Hari Raya Nyepi 2018, Menuju Kesejahteraan Melalui Tirta Amerta

0 699

PALU EKSPRES, PALU – Ribuan umat Hindu yang berasal dari Kota Palu dan sekitarnya, mengikuti prosesi Melasti di tepi pantai Dupa Kelurahan Mamboro Kota Palu, Kamis 15 Maret 2018. Prosesi Melasti tersebut merupakan salah satu rangkaian Hari Raya Nyepi tahun baru Saka 1940 yang akan diperingati pada Sabtu 17 Maret 2018.

Pembimas Hindu Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, Anak Agung Ananta Putra menjelaskan, pelaksanaan Melasti merupakan bagian dari proses penyucian diri umat Hindu, sekaligus diberikan kekuatan oleh Tuhan pada pelaksanaan Nyepi.

Ia menjelaskan, makna Melasti yang di dalamnya terdapat ritual pengambilan air suci atau tirta amerta dari tengah laut, adalah untuk memohon air suci agar umat Hindu khususnya di Kota Palu dan sekitarnya, mendapatkan kesejahteraan atau Lokasamgraha.

“Di sini prosesi memohon kepada Tuhan, untuk mendapatkan kesehatan dan kesejahteraan. Bukan khusus untuk umat Hindu saja, kita juga mendoakan kepada seluruh umat di Palu ini, agar terjadi kerukunan, serta menjaga keamanan. Semuanya tujuan kita seperti itu,” jelas Anak Agung.

Ia menuturkan, sebelum ritual pengambilan tirta, terlebih dahulu dilaksanakan ritual penyucian lingkungan (bumi pertiwi), yang mengandung makna agar seluruh sifat-sifat yang tidak baik di bumi ini dapat berubah menjadi baik.

Selanjutnya, dilaksanakan permohonan kepada Tuhan agar pelaksanaan prosesi Melasti berjalan dengan baik. Setelah dilaksanakan pengambilan tirta amerta, dilakukan prosesi persebahyangan untuk memohon keselamatan.

“Setelahnya, kita memercikkan tirta kepada seluruh umat Hindu, untuk mendapatkan kesehatan dan kebahagiaan lahir batin,” ujarnya.

Usai pelaksanaan prosesi Melasti, rangkaian Nyepi tahun ini akan dilanjutkan dengan pawai ogoh-ogoh, atau patung berukuran besar yang menggambarkan keperibadian bhuta kala. Setelahnya, pada Sabtu 17 Maret 2018 seluruh umat Hindu melaksanakan Catur Bhrata Penyepian sebagai puncak perayaan Hari Raya Nyepi.

(abr/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: