Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Ini Dia Sir William Henry Perkin, Ilmuwan Gagal yang Sangat Beruntung

0 19

PALU EKSPRES, JAKARTA – Hari ini, Senin (12/3), halaman utama Google kembali menampilkan doodle. Kali ini, doodle tersebut bertajuk Sir William Henry Perkin.

Sir William Henry Perkin (12 Maret 1838 – 14 Juli 1907) merupakan seorang ilmuwan yang berhasil menciptakan pewarna sintesis.

Penemuannya tersebut berawal dari eksperimen pengobatan malaria mengguanakan buah kina bersama ahli kimia Jerman, August Wilhelm von Hoffman.

Oh, Jadi Ini Alasan Google Doodle Bergambar Wilder Penfield, Otak, dan Roti Bakar

Kala itu, ia sedang melakukan eksperimen di apartemennya. Kemudian, Perkin menemukan bahwa senyawa anilin yang terkandung dalam buah kina, dapat digunakan untuk menciptakan zat warna ungu yang berlimpah saat dicampur dengan alkohol.

Pucuk dicinta, ulam pun tiba. Perkin secara tidak sengaja menemukan cara untuk memproduksi pewarna yang dapat digunakan untuk mewarnai kain dalam skala besar.

Jadi Google Doodle, Ini Tujuh Fakta Soal Katy Jurado

Sebelum pewarna sintetis ditemukan, orang-orang mesti mengeluarkan biaya banyak untuk membeli pewarna alami.

Keberuntungan Perkin tak hanya sampai di situ. Pewarna sintetis ungu yang ditemukannya sangat diminati karena menjadi simbol keluarga raja dan kaum bangsawan.

Dari situ, Perkin kemudian membangun pabrik pewarna sintetis dengan dana yang berhasil ia kumpulkan.

Google Doodle Mengusung Potret Affandi. Siapa Sih Dia?

Ia meninggal dunia pada 1907 lantaran pneumonia. Jasadnya dimakamkan di Harrow, London, Inggris.

Semasa hidupnya, Perkin menikah dua kali. Pernikahan dengan istri pertama, Jemima Harriet (1859), dikaruniai dua anak, serta dari istri keduanya, Alexandrine Caroline (1866), ia dikaruniai satu anak.

Ketiga anaknya mengikuti jejak sang ayah sebagai seorang ahli kimia.

(riz/fajar)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.