Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Pendaftar SNMPTN Untad Meningkat

0 24

PALU EKSPRES, PALU – Jumlah pendaftar calon mahasiswa baru di Universitas Tadulako (Untad) pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018, mengalami peningkatan dibandingkan pada pelaksanaan seleksi yang sama padad tahun lalu.

Hingga Selasa 6 Maret 2018 pukul 16.35 WITA, sebagaimana diungkapkan Koordinator Humas SNMPTN 2018 Untad, Dr. Darsikin, jumlah pendaftar SNMPTN Untad sudah mencapai angka 6.250 orang.

Jumlah ini lebih banyak dibandingkan tahun 2017 lalu yang hanya berkisar 5.000-an orang. Proses pendaftaran SNMPTN secara nasional berakhir pada Selasa 6 Maret 2018 malam.

“Jumlah pendaftar mengalami peningkatan dibanding tahun lalu. Hingga saat ini, sudah ada 6.520 pendaftar untuk Untad, sedangkan tahun lalu cuma 5.000-an lebih pendaftar,” sebut Darsikin, melalui sambungan telepon, Selasa 6 Maret 2018 sore.

Kenaikan tersebut kata Darsikin, juga diikuti dengan kenaikan jumlah sekolah tingkat menengah atas (SMA, SMK dan MA) di Sulteng, yang aktif mendaftarakan siswanya pada jalur SNMPTN.

“Tahun lalu hanya ada 206 sekolah yang aktif, sekarang sampai dengan sore ini (sore kemarin-red) sudah 213 sekolah yang aktif mendaftar. Mudah-mudahan bisa naik lagi,” imbuhnya.

Selain sekolah-sekolah yang berasal dari Provinsi Sulteng, pendaftar SNMPTN di Untad tahun ini juga berasal sekolah di beberapa daerah seluruh Indonesia. Di antaranya 17 sekolah dari Sumatera Utara, 5 sekolah dari Sumatera Barat, 1 sekolah dari Riau, 2 sekolah dari Kepulauan Riau, 30 sekolah dari Jawa Barat, 9 sekolah dari Jawa Timur, 3 sekolah dari Yogyakarta, 4 sekolah dari Jawa Tengah, dan 18 sekolah dari Kalimantan Timur.

“Hampir semua daerah ada dan merata. Hanya dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat yang tidak ada, daerah lainnya ada semua minimal 1 atau 3 sekolah,” jelasnya.

Ditambahkannya, pada tahun ini program studi Manajemen dan Akuntansi masih menjadi favorit bagi para pendaftar SNMPTN di Untad, diikuti oleh Kedokteran.

Ia juga mengungkapkan, dari seluruh jumlah pendaftar tersebut, hanya sekitar 2.000-an yang akan dinyatakan lolos SNMPTN Untad, pada pengumuman yang dijadwalkan pada 17 April 2018 mendatang.

Setelah proses pendaftaran SNMPTN ditutup pada Selasa malam, selanjutnya kata Darsikin, akan dilakukan seleksi sebelum pengumuman.

“Setelah pendaftaran ditutup, nanti seleksi dulu setelah itu pengumuman baru dilakukan verifikasi rapornya,” pungkasnya.

(abr/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.