Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Siswa SMAN 1 Diharap Mampu Hadapi Persaingan di SNMPTN

0 14

PALU EKSPRES, PALU – Persaingan yang akan dilalui para siswa, setelah mendaftar di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dinilai akan sangat ketat, terutama bagi para pendaftar di jurusan-jurusan yang memiliki banyak peminat.

Kepala SMA Negeri 1 Palu, Zulfikar Is Paudi berharap, setiap siswa SMAN 1 Palu mampu menghadapi persaingan ketat tersebut, dan lolos secara maksimal di tiap perguruan tinggi dan jurusan yang diinginkan, pada jalur SNMPTN 2018.

“Harapan kita, mereka bisa berkompetisi di tiap jurusan yang diinginkan. Karena di jurusan-jurusan yang banyak peminatnya, agak ketat kompetisinya, terutama di perguruan tinggi besar,” kata Zulfikar, di ruang kerjanya, Senin 5 Maret 2018.

Ia menerangkan, pihak SMAN 1 Palu sudah mendaftarkan siswa-siswanya sebanyak-banyaknya yang bisa didaftarkan, pada jalur SNMPTN 2018. Pendaftaran SNMPTN dijadwalkan berakhir pada hari ini, Selasa 6 maret 2018.

“Kita sudah mendaftarkan siswa kita sebanyak-banyaknya yang bisa kita daftar, kemudian nanti kan tiap perguruan tinggi yang menyeleksi. Kita kebagian jatah 50 persen, karena termasuk dalam akreditasi A. Tidak ada perubahan dibanding sebelumnya, kita dorong saja anak-anak mendaftar di SNMPTN. Nanti kan kalau tidak lolos, mereka bisa lolos di jalur lain,” tuturnya.

Terkait minat para siswa SMAN 1 Palu yang mendaftar di SNMPTN tahun ini, Zulfikar menyebutkan tidak ada jurusan paling menonjol yang menjadi pilihan mereka. Namun, ia mengakui cukup banyak siswa yang tertarik mengambil bidang sains.

“Mereka suka kedokteran, teknik, kemudian kesehatan, ekonomi, dan hukum. Hampir berimbang di beberapa jurusan, tidak ada yang terlalu menonjol, cuma memang banyak yang suka dengan sains,” tandasnya.

(abr/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.