Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Disdik Matangkan Konsep Konten Palu Perkusi

0 23

PALU EKSPRES, PALU – Dinas Pendidikan Kota Palu terus mematangkan persiapan pelaksanaan Festival Palu Perkusi 2018. Saat ini, pihak Disdik bersama panitia lainnya, sebagaimana dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu, H. Ansyar Sutiadi, sedang membahas dan mematangkan konsep terkait konten-konten yang akan disajikan pada festival tersebut.

“Terus kita matangkan persiapan Palu Perkusi, dan terus berkomunikasi dengan Kemendikbud. Sekarang kita lagi mematangkan konten-konten. Kita sudah rapatkan konten-konten tersebut, dan juga terkait dukungan-dukungan finansial lainnya,” jelas Ansyar, akhir pekan lalu.

Ia mengungkapkan, ada beberapa konsep konten yang direncanakan ditampilkan pada gelaran festival yang menjadi salah satu agenda Festival Indonesiana 2018 tersebut. Salah satunya gelaran World Percussion, yang akan diisi oleh para musisi atau pelaku seni perkusi yang berasal dari berbagai mancanegara.

Terkait hal ini, Ansyar mengaku sudah banyak pelaku seni perkusi yang berasal dari berbagai negara, yang berminat untuk ikut serta meramaikan iven Palu Perkusi 2018. Salah satu yang sudah dipastikan ikut serta, adalah kelompok orkestra asal Spanyol yakni Orquesta de Camara de Siero (OCAS).

“Sudah banyak yang berminat hadir melalui jaringan-jaringan yang kita miliki. Selain OCAS dari Spanyol yang sudah pasti hadir difasilitasi oleh Kemendikbud, ada beberapa komunitas perkusi dari negara-negara di Asia Tenggara, dari Eropa dan Amerika yang juga ingin ikut berpartisipasi,” ujar Ansyar.

Selain world percussion, Ansyar juga menyebutkan konten lainnya yang direncanakan akan dihadirkan pada iven tersebut, adalah Perkusi Nusantara, yang melibatkan para musisi dan pelaku seni budaya perkusi dari berbagai daerah di Indonesia, seperti dari Jawa dan Sumatera. Selain itu, ada pula Perkusi Daerah, yang akan diisi oleh komunitas-komunitas lokal Sulteng dan para siswa sekolah yang sudah dilatih.

“Kemudian ada workshop tentang perkusi, pameran, serta karnaval budaya,” imbuhnya.
Waktu pelaksanaan iven Palu Perkusi kata Ansyar, akan menyesuaikan dengan agenda Festival Indonesiana 2018. Rencananya, Palu Perkusi akan dihelat pada bulan Agustus 2018 mendatang.

“Kita coba ancang-ancang gelar mulai tanggal 17 sampai 21 Agustus 2018,” pungkasnya.

(abr/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.