Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Voucher Rastra Efektif Agustus 2018

0 10

PALU EKSPRES, PALU – Penerapan voucher belanja bagi penerima bantuan sosial (Bansos) di Kota Palu dipastikan efektif berjalan pada Agustus 2018 mendatang. Voucher senilai Rp110ribu nantinya akan digunakan untuk membeli tiga bahan pokok. Yaitu beras, gula dan telur.

Voucher sekaligus menggantikan pola penyaluran beras sejahtera (Sastra), dulunya Raskin secara langsung kepada penerima bantuan.

Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda) Palu, Tamin Tombolotutu menjelaskan, penyaluran sastra secara langsung dibatasi hanya sampai dengan Juli 2018. “Setelah itu, terhitung mulai 1 Agustus 2018 semua penerima akan menggunakan voucher belanja isi ulang,”jelasnya, Senin 5 Maret 2018.

Pengisian ulang voucher menurutnya akan dilakukan setiap bulan berjalan pada Bank yang akan ditunjuk kemudian. Pelayanan untuk penukaran voucher nantinya akan dilakukan pada rumah pangan kita (RPK) atau warung-warung elektronik (e Warong) yang telah dibentuk dibeberapa kelurahan di Kota Palu.

“Saat ini e warong memang masih melayani pembelian masyarakat umum, namun setelah ini efektif, pemilik e warong hanya belon melayani penerima bantuan, pemegang voucher,”urainya.

Jumlah penerima voucher atau penerima Sastra untuk Kota Palu lanjutnya belum megalami perubahan. Jumlahnya masih seperti tahun lalu yaitu sebanyak 12.400jiwa lebih. Dia menambahkan, sebelumnya program voucher belanja untuk 1 tahun terakhir memang masih dilakukan ujicoba pada 40 kota dan 60 kabupaten di Indonesia.

“Tahun ini sudah berlaku dan akan ditetapkan di seluruh kabupaten kota,”jelasnya lagi. Dibagian lain, Tamin menyebutkan, penyaluran Rastra tahun 2018 sudah terealisasi untuk Januari dan Februari. Rastra tahun diberikan secara gratis kepada penerima. Namun jumlahnya berkurang dari 15kg menjadi 10kg.

“Tahun ini Rastra sudah menjadi Bansos. Tidak lagi ada pembayaran,”demikian Tamin.

(mdi/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.