Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Ini yang Terjadi pada Anda Beberapa Detik Setelah Maut Menjemput

0 13

PALU EKSPRES, JAKARTA – Setiap orang pastinya akan mati, sesuatu yang mutlak dan tak terelakan dan mereka yang hidup tidak akan pernah tahu bagaimana rasanya kematian itu.

Namun menurut sebuah studi yang dilakukan oleh New York University Langone School of Medicine di Amerika Serikat, pengalaman itu akan dapat dirasakan orang beberapa detik setelah kematian menjelang.

Itu artinya, Anda yang secara medis dinyatakan telah meninggal dunia, akan dapat secara sadar merasakan bagaimana itu kematian dan mendengar pernyataan tim medis tentang kematian Anda sendiri (jika Anda meninggal di rumah sakit).

Hal ini berhasil ditemukan oleh sebuah studi yang dilakukan di Eropa dan Amerika Serikat. Studi itu sendiri merupakan studi dalam skala terbesar di bidangnya dan melibatkan mereka yang pernah mengalami gagal jantung dan kembali hidup.

Menurut lead author studi Dr Sam Parnia: “(Mereka yang pernah dinyatakan meninggal dunia) menggambarkan bahwa mereka dapat melihat dokter dan suster yang sibuk dan juga mengaku mendengar percakapan dari tim medis, gambaran secara visual apa yang terjadi saat itu”.

Perlu disadari bahwa seseorang dapat dinyatakan meninggal dunia apabila tidak ada lagi detak yang terdengar pada jantungnya, yang dalam waktu singkat juga menghentikan suplai darah yang mengalir ke otak.

Ketika otak tidak lagi menerima darah, maka fungsinya akan terhenti secara instan. Fungsi refleks stem, termasuk refeks gag dan refleks pada pupil. Korteks serebral otak, yang bertanggungjawab atas kemampuan Anda berpikir dan memproses informasi dari kelima indera Anda, juga akan sirna dalam sekejap.

Dari situ, dalam 20 detik kemudian, maka monitor elektronik tidak akan mampu mendeteksi keberadaan gelombang otak. Hal ini kemudian memicu terjadinya proses selular yang berakhir dengan kematian pada sel otak. Kendati demikian, hal ini bisa juga terjadi beberapa jam setelah jantung benar-benar berhenti.

(ruf/fajar)

Sumber: DailyMail.co.uk

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.