Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Baru Enam Daerah Daftar MTQ XXVII

0 127

PALU EKSPRES, PALU – Kurang dari sepekan jelang batas akhir pendaftaran bakal calon peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVII tingkat Provinsi Sulteng tahun 2018, baru enam perwakilan daerah yang telah mendaftar. Batas akhir pendaftaran telah ditetapkan pada tanggal 5 Maret 2018.

Sekretaris Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Sulteng, H. Muh. Ramli, menyebutkan, hingga Selasa 27 Februari 2018, keenam daerah yang telah terdaftar bakal calon pesertanya, masing-masing Kabupaten Buol, Kabupaten Banggai Laut, Kabupaten Banggai, Kabupaten Donggala, Kota Palu, dan tuan rumah Kabupaten Morowali.

“Pendaftaran dibuka selama sebulan, dari 5 Februari 2018 sampai 5 Maret 2018. Sampai saat ini baru enam daerah yang mendaftar. Ini memang sudah biasanya begitu, nanti di waktu-waktu terakhir baru mendaftar yang lainnya,” jelas Ramli, saat ditemui, Selasa 27 Februari 2018.

Saat ini ia menerangkan, pihak panitia sedang melaksanakan tahapan verifikasi berkas para bakal calon peserta MTQ. Ia menyebutkan, persyaratan utama peserta di antaranya adalah keseuaian umur dengan masing-masing cabang dan golongan yang dilombakan, serta dinyatakan sebagai juara pada pelaksanaan MTQ di tingkat Kota atau Kabupaten masing-masing.

Ia juga mengungkapkan, pada pelaksanaan MTQ XXVII tingkat Provinsi Sulteng yang rencananya digelar di Kabupaten Morowali, pada pekan keempat bulan April 2018 mendatang, akan bertambah dua golongan lomba, yakni qiraah dewasa dan mujawwad dewasa.

“Olehnya, semuanya total menjadi 7 cabang dengan 13 golongan lomba. Golongan lomba ini masing-masing dibawah dari cabang, misalnya cabang tilawah ada golongan tilawah dewasa dan tilawah remaja, kemudian cabang Tahfiz ada golongan 5 juz, 10 juz, 30 juz, yang Tafsir juga ada golongannya, seperti tafsir bahasa Indonesia, bahasa Arab dan bahasa Inggris,” urainya.

(abr/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.