Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

4 Ciri Kantung Empedu Bermasalah, Kenali Sebelum Memburuk

0 150

PALU EKSPRES, JAKARTA – Kebanyakan orang mungkin tidak terlalu memikirkan tentang kantung kemihnya, itu tuh, organ tubuh yang berfungsi mengumpulkan air seni.

Namun baru akan mulai mempertanyakan apabila ada yang aneh dengan air seninya atau perubahan yang terjadi pada kebiasaan buang air kecil.

Perlu disadari, perubahan yang terjadi pada kantung empedu Anda, dapat menandakan adanya penyakit tertentu yang sedang berkembang di dalam tubuh.

Mengenalinya sejak dini tentunya dapat mencegah kondisi yang tidak diinginkan. Berikut 4 hal yang dapat terjadi pada kantung empedu Anda yang menandakan kondisi penyakit tertentu seperti diambil dari MensHealth.com:

1. Darah pada urine

Darah pada urine biasanya disebabkan oleh batu ginjal, kata Philip Zhao, M.D., urolog dari NYU Langone Health. Penyebabnya adalah saluran kencing yang tersayat oleh pinggiran batu ginjal yang bergerigi, menyebabkan inflamasi dan luka mikro.

2. Urine yang menghitam

Air kencing Anda terlihat lebih gelap dari biasanya, itu adalah tanda dari dehidrasi, kata Andrew Altman, M.D., urolog dari Cleveland Clinic. Dehidrasi juga salah satu pemicu pembentukan batu pada ginjal.

3. Beser

Jika Anda sulit menahan dan seringkali buang air kecil, kantung empedu Anda mungkin bekerja secara overactive. Kondisi ini seringkali disebabkan oleh pembesaran prostat pada pria, khususnya mereka di atas 60 tahun.

4. Sakit waktu buang air kecil atua kencing berwarna butek

Air kencing yang butek tak selalu berbahaya, kata Dr. Altman. Namun jika butek, bau, seperti amonia, ini juga tanda dehidrasi. Namun jika urine yang butek diikuti rasa sakit saat buang air, Anda mungkin mengalami infeksi saluran kencing, entah itu pada uretra atau kantung empedu. Anda harus memeriksakan kondisi Anda sebelum memburuk.

(ruf/fajar)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.