Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Peserta OSN Diharap Jadi Motivator di Sekolahnya

0 306

PALU EKSPRES, PARIGI – Sebanyak 138 siswa mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Rabu (21/2).

Kepala Disdikbud Kabupaten Parimo Adrudin Nur mengatakan, kegiatan OSN bagi siswa SD tingkat kabupaten tersebut merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan pihaknya.

Sedangkan jumlah 138 siswa yang menjadi peserta dalam kegiatan tersebut kata dia, seluruhnya berasal dari 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Parimo. Kata Adrudin, 138 siswa tersebut didampingi 23 guru pendamping dari masing-masing sekolah.

“Bidang studi yang diperlombakan dalam kegiatan tersebut, yakni matematika dan IPA yang termasuk dalam sains. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama sehari saja yang juga dihadiri oleh tim dari Dinas Pendidikan Provinsi Sulteng.

Seperti sebelumnya, yang juara pada kegiatan ini akan mewakili Kabupaten Parimo. “Kegiatan ini dikhususkan bagi siswa kelas lima,”jelas Adrudin kepada Palu Ekspres, Kamis (22/2) di Parigi.

Lanjut dia, dalam kegiatan tersebut, seluruh peserta diharapkan mendapat perhatian, bukan hanya ilmunya saja. Namun, seluruh peserta atau yang nantinya akan mewakili Kabupaten Parimo dapat diperhatikan kepribadiannya.

Dia berharap, seluruh siswa yang mengikuti kegiatan tersebut bukan hanya dipersiapkan untuk mengikuti lomba saja. Namun, seluruh siswa tersebut harus dapat menjadi motivasi bagi siswa lainnya di sekolahnya masing-masing.

Tidak hanya itu tambahnya, seluruh siswa tersebut harus ditanamkan jiwa kompetisi yang dianggapnya suatu prestasi bagi siswa itu sendiri.

“Makanya, dalam pertemuan yang kami laksanakan dengan para guru disela-sela kegiatan OSN tersebut, saya mengimbau kepada para guru untuk menanamkan hal itu kepada siswa yang menjadi peserta. Saya sangat bangga jika para siswa itu menjadi motivator bagi siswa lainnya di sekolahnya dan memiliki jiwa kompetisi,” pungkasnya.

(mg4/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.